Polisi Telusuri Asal Gading Gajah Mahal 1 Miliar

79
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau menelusuri tempat asal dua gading gajah bernilai sekitar Rp1 miliar yang disita pada Jumat (20/5) sore oleh petugas di sebuah restoran Kota Pekanbaru.

“Penyidik masih terus memeriksa lima pelaku. Mereka belum memberikan informasi akurat ke penyidik. Kita kejar terus, hanya saja informasi sementara yang kita peroleh (gading tersebut) berasal dari luar Provinsi Riau,” kata Kepala Bagian Binopsal Ditreskrimsus Polda Riau, AKBP Hariwiyawan Harun kepada wartawan, di Pekanbaru, Jumat (20/5/2016).

Ia mengatakan, mereka bukan pemburu melainkan pengepul dan berperan sebagai penjual gading gajah tersebut.

Kelima pelaku yang diamankan pada di sebuah restoran mewah di Jalan Soekarno Hatta, Kota Pekanbaru itu masing-masing adalah Sy (61), MA (46), Yu (41), Wa (44) dan Ni (43). Salah seorang pelaku yakni Ni diketahui merupakan seorang oknum kepala desa (kades) di Kabupaten Kampar.

Dari penangkapan itu, selain mengamankan gading gajah, petugas turut mengamankan satu mobil minibus berpelat nomor polisi BM 1147 ZN.

Dari pengakuan pelaku, kata dia, gading gajah yang berbobot 46 kilogram itu dihargai Rp20 juta perkilogram. Pengamatan wartawan di Ditkrimsus Polda Riau, Jumat malam, gading itu bewarna putih bersih.

“Kita duga gading itu sudah lama disimpan dan telah dibersihkan sebelum dijual,” kata Hary.

Hary menduga bahwa gading itu diduga berasal dari seekor gajah dewasa yang sama.

Sebelum berhasil mengungkap upaya transaksi gading tersebut, pihaknya telah melakukan pengintaian selama dua hari beturut-turut lamanya. Hasilnya, petugas berhasil mendapatkan jejak para pelaku yang mayoritas berasal dari luar kota tersebut. Hanya saja, dari pengungkapan itu petugas gagal menemukan calon pembeli.(rimanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here