Remaja-Remaja Tercepat di Sirkuit Balap

82
SHARE
Scuderia Toro Rosso's Belgian-Dutch driver Max Verstappen poses with the new STR11 car during the official presentation at the Circuit de Catalunya on March 1, 2016 in Montmelo on the outskirts of Barcelona on the test day of the Formula One Grand Prix season. / AFP / LLUIS GENE

BHARATANEWS.ID – USIA bukan lagi menjadi hal yang menentukan seberapa cepat pembalap di lintasan. Sebab, usia tua mau pun muda sama-sama memiliki peluang untuk memenangkan balapan, bahkan menjadi juara.

Sebut saja rider Repsol Honda, Marc Marquez. Marquez mampu menjadi juara di tahun debutnya membalap di MotoGP, tepatnya saat ia masih berusia 20 tahun. Pencapaian saat itu membuat The Baby Alien dinilai sebagai pembalap muda fenomenal.

Marquez bukan satu-satunya pembalap muda yang sudah menunjukkan kecepatan luar biasa tiap kali mengaspal. Berikut ini empat nama pembalap yang tampil mengagumkan di usianya yang masih muda, sebagaimana dimuat laman resmi Red Bull, Rabu (18/5/2016):

1. Max Verstappen (18 Tahun)

Verstappen menjadi nama pertama yang masuk dalam daftar ini. Di debutnya bersama Toro Rosso di Formula One (F1), ia sudah memecahkan rekor sebagai pembalap termuda. Pencapaiannya semakin gemilang setelah akhir pekan lalu bisa memenangkan GP Spanyol bersama tim barunya Red Bull. Pembalap asal Belanda itu pun kembali memecahkan rekor, salah satunya adalah driver termuda yang sanggup memenangkan grand prix bersama Red Bull.

2. Tim Gajser (19 Tahun)

Gajser pantas masuk ke dalam daftar menyusul performa luar biasanya tiap kali membalap di ajang MXGP. Juara dunia MX2 pada 2015 itu baru promosi ke MXGP pada 2016. Namun, di usianya yang masih 19 tahun, ia sudah bisa bersaing dengan para juara MXGP, seperti Romain Febvre dan Toni Cairoli. Dari tujuh GP yang sudah dilaluinya sejauh ini, Gajser sudah empat kali menang dan unggul sembilan poin dari Febvre di klasemen sementara. Jika bisa menjadi juara di akhir musim, maka ia akan memecahkan rekor pembalap termuda yang juara di kelas premier.

3. Austin Forkner (17 Tahun)

Tidak seperti Verstappen dan Gajser yang sudah cukup lama menjajal dunia balap profesional, Forkner sejatinya belum melakukan debut di dunia AMA Motocross. Debutnya di babak pembuka AMA Motorcross Nationals akan terjadi pada 21 Mei 2016 di Hangtown, Amerika Serikat. Meski demikian, Forkner sudah banyak dikenal oleh para pencinta AMA Motocross. Ia sempat dikritik lantaran terlalu lama membalap secara amatir, padahal seharusnya sudah bisa membalap secara profesional sejak lama.

4. Manuel Lettenbichler (18 Tahun)

Di usianya yang masih 18 tahun, Lettenbichler sudah pernah mendapat gelar juara dunia SuperEnduro Junior. Gelar juara tersebut diraihnya setelah memenangkan 15 dari 18 ajang dalam satu musimnya. Saat ini, Lettenbichler sedang fokus membalap di ajang Hard Enduro musim 2016.(okezone.com)