Huawei P9 vs Honor V8, Punya Spesifikasi Serupa Tapi Kenapa Harganya Beda Jauh?

204
SHARE

BHARATANEWS.ID – Tahun lalu vendor smartphone nomor satu di Tiongkok memiliki smartphone flagship Huawei Mate 8. Namun kali ini, mereka memiliki smartphone flagship lini baru yang disebut Huawei P9 yang meluncur bulan April lalu. Sebulan kemudian, Huawei meluncurkan seri smartphone Honor V8 yang merupakan smartphone kelas menengah.

Huawei Honor V8 (kiri), Huawei P9 (kanan)
Huawei Honor V8 (kiri), Huawei P9 (kanan)

Kedua smartphone tersebut memiliki desain yang sangat mirip dengan spesifikasi yang hampir sama juga. Namun jika berbicara tentang harga kedua perangkat tersebut, keduanya dibanderol dengan harga yang terpaut sangat jauh. Yang menjadi pertanayaan, mengapa Huawei meluncurkan dua smartphone yang memiliki konsep, desain, serta spesifikasi yang serupa namun dengan harga yang berbeda sangat signifikan?

Dikutip dari Gizmochina, Senin (16/5/2016), berikut beberapa hal yang membuat harga kedua perangkat ini berbeda meski memiliki spesifikasi yang serupa.

Desain

Dari segi desain, kedua smartphone ini memiliki desain yang sama, tak terlihat perbedaan yang signifikan dari kedua smarthone ini. Bahan yang digunakan pun juga sama-sama terbuat dari bahan metal. Sementara perusahaan mencoba untuk membedakan dua seri yang berbeda ini dengan desain yang unik, sepertinya Huawei merasa bahwa kedua ponsel harus memiliki desain yang sama meski berada di kasta yang berbeda.

Namun tentu ada yang membedakan dari segi desain. Jika melihat dari bentuk sensor pemindai sidik jari, terlihat bentuk yang berbeda. Selain itu, pada bagian bawah terdapat brand yang berbeda, jika Huawei P9 memiliki brand Huawei, maka Honor V8 memiliki brand Honor.

Selain itu, setup dual kamera yang miliki oleh kedua smartphone ini juga berada pada posisi yang sama. Satu-satunya hal yang menjadikan Huawei P9 dan Honor V9 terpaut $153 (Rp2 juta) adalah sertifikasi brand Leica pada Huawei P9. Namun apakah spesifikasi kamera dari keduanya sama?

Kamera

Huawei P9 dilengkapi dengan setup kamera ganda 12MP dengan komponen yang dikembangkan untuk memenuhi standar Leica yang ketat. Perusahaan dikabarkan berkolaborasi dengan Leica untuk membuat struktur modul kamera. Terlebih, ponsel ini dilengkapi dengan pengolahan citra digital Huawei. Lalu ada Laser Autofocus dan dual tone LED flash untuk membantu kamera ganda dalam urusan fotografi.

honor-v8-vs-huawei-p9-dual-cameras

Sementara Honor V8 memiliki setup dual kamera 12MP. Tapi Lecia tidak terlibat dalam pengembangan modul dual kamera pada Honor V8. Tetapi ide dasar setup kamera tetap sama seperti setup P9. Fitur telepon 1 sensor RGB yang mengumpulkan informasi warna dan sensor hitam dan putih. Kedua bekerja sama untuk mengambil gambar. Modul ini mendukung kedalaman bidang, Laser autofocus dan aperture yang lebih besar mulai dari f / 0.95 hingga f / 16.

Seperti yang Anda lihat, di atas kertas, kamera ganda Honor V8 juga terlihat seperti sama kuatnya dengan P9, tetapi semua itu hanya dapat dibuktikan dengan sampel kamera nyata dari P9 dan V8 yang bisa kita pastikan seberapa baik kamera P9 bermerek Leica dibandingkan dengan V8. Jadi perbedaan dari kedua smartphone ini adalah adanya brand Leica pada kamera P9.

Spesifikasi

Huawei P9 datang dengan dukungan chipset Kirin 950 yang disandingkan dengan RAM sebesar 4GB, memori internal sebesar 64GB dan layar seluas 5,2 inci dengan resolusi FHD 1080p. Konfigurasi model ini dibanderol sebesar $563 atau sekitar Rp7,5 juta.

Di sisi lain, Huawei V8 dilengkapi dengan Kirin 950 (clock sedikit di bawah ) dengan 4GB RAM, 64GB penyimpanan, 5.7-inch 2K display dan NFC. Model ini khusus dalam seri V8 dibanderol $ 427 atau sekitar Rp5,6 juta.

Dari perbandingan di atas bisa disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan harga dari kedua ponsel tersebut terpaut jauh adalah adanya sertifikasi Leica yang menyebabkan peningkatan harga hingga Rp2 juta. Padahal jika menilik dari segi spesifikasi, Huawei Honor V8 malah memiliki resolusi layar 2K dibandingkan dengan P9 yang masih FHD.(beritateknologi.com)

Jadi, mana pilihan Anda? Ponsel dengan kamera yang sudah mendapatkan seritifikasi atau yang tidak?