Akhirnya FIFA Cabut Sanksi Indonesia

88
SHARE

BHARATANEWS.ID —  Keputusan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang mencabut pembekuan PSSI mendapat respons dari FIFA. Badan sepakbola dunia itu akhirnya mencabut sanksi  atas Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Pencabutan sanksi dilakukan pada acara kongres ke-66 FIFA di Meksiko, Jumat (13/5) waktu setempat.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan bahwa putusan tersebut diambil setelah pihaknya mendapatkan laporan bahwa Pemerintah Indonesia telah mencabut surat pembekuan aktivitas terhadap PSSI.

“Beberapa saat sebelum kongres, anggota Komite Eksekutif FIFA sudah melakukan pertemuan dan memutuskan sanksi penangguhan terhadap Indonesia dicabut,” ujar Infantino.

Dengan pencabutan ini, maka sepakbola Indonesia kini bisa kembali lagi berkiprah di pentas internasional.

Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebelumnya telah menandatangani surat keputusan (SK) pencabutan pembekuan PSSI, Selasa (10/5) petang WIB.

Setahun lalu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjatuhkan hukuman kepada PSSI, tepatnya pada 17 April 2015. Sejak tanggal itu, semua aktivitas PSSI tidak diakui.

SK pembekuan bernomor 01307 dengan tahun 2015 tersebut dirilis Kempora pada Sabtu (18/4). Menpora menandatangani SK itu sehari sebelum pembekuan itu diumumkan.

Jika sanksi Indonesia dicabut lain halnya dengan Kuwait dan Benin. FIFA memutuskan untuk tetap memberikan sanksi kepada kedua negara tersebut.

“Kita harus melindungi asosiasi kami dari campur tangan pemerintah,” kata Infantino.

FIFA sudah memberikan sanksi kepada Asosiasi Sepakbola Kuwait sejak Oktober lalu setelah menemukan adanya intervensi pemerintah.

Komite Olimpiade Internasional juga memberkan sanksi untuk Kuwait untuk alasan yang sama.

Perwakilan dari klub Kuwait yang melakukan perjalanan ke Mexico City untuk mengikuti kongres FIFA telah menyerukan pencabutan sanksi, namun permohonan mereka gagal.(beritasatu.com)