Kadin Kota Bandung Dorong Ekonomi Berkelanjutan

98
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Kadin Kota Bandung mendorong fungsi organisasi sebagai penggerak ekonomi nasional yang berkelanjutan.

Ketua Kadin Kota Bandung Deden Y Hidayat menilai, di lingkup wilayah daerah, pengusaha dan perekonomiannya harus terus bertumbuh.

Dia menilai, sebagai kota jasa, idealnya Kota Bandung memiliki rasio jumlah pengusaha sekitar 8% dari total penduduk. Saat ini, jumlah pengusaha di Kota Bandung sekitar 90 ribu, atau baru 4% dari total penduduk.

“Setiap tahun jumlah pengusaha di Kota Bandung memang terus bertambah. Saat ini jumlahnya sekitar 90 ribu, dan itu masih kurang,” kata Deden, Kamis (12/5).

Dia mengatakan, Kadin Kota Bandung terus berupaya agar keberadaan para pelaku usaha terus berkembang. Selain menggelar berbagai pelatihan dan mengembangkan jaringan, Kadin Kota Bandung juga terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dari luar negeri, seperti dengan Jerman dan Suwon Korea Selatan.

Hal ini, lanjutnya, untuk terus meningkatkan daya saing para pengusaha. Apalagi, ASEAN Economic Community (AEC) sudah berlaku.

“Kalau melihat daya saing, harus dilihat per sektor. Di Kota Bandung, yang daya saingnya tinggi adalah bidang kuliner dan fesyen,” ujarnya.

Selain itu, Deden yang memimpin Kadin Kota Bandung selama dua periode, menilai pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung memang sudah cukup tinggi. Namun, lanjutnya, perlu dilihat pemerataannya agar seluruh masyarakat di Kota Kembang benar-benar merasakan pertumbuhan itu.

Hal itu, lanjutnya, sejalan dengan tema Musyawarah Kadin Kota Bandung yang akan digelar 1 Juni 2016 dengan tema “Pengembangan Peran dan Fungsi Kadin Sebagai Penggerak Ekonomi Nasional yang Berkelanjutan”.

Harapannya, ke depan Kadin Kota Bandung mampu mengembangkan keberadaan dan peran para pelaku usaha, termasuk meminimalisasi kendala-kendalanya.

Dia mengatakan, pada Musyawarah Kota itu, diundang sekitar 1.100 anggota Kadin Kota Bandung. Pada kegiatan itu juga akan digelar pemilihan Ketua Kadin Kota Bandung periode 2016-2021. (jul).(inilahkoran.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here