Aparat Desa dan Kecamatan Belajar ke Bandung

92
0
SHARE

BHARATANEWS.ID — Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Sekcam dan Camat se kabupaten Bangka mengikuti BimtekOptimalisasi Pelaksanaan Kewenangan Desa Sesuai UU No. 6 tahun 2014 dan Pengelolaan Aset Desa Sesuai Peraturan Menteri Dalam negeri RI No. 1 tahun 2016, 10 – 14 Mei 2016 di Bandung.

Bimtek dibuka Bupati Bangka Tarmizi Saat, ditandai pemasangan tanda peserta.

Turut menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Ketua DPC APDESI Kabupaten Bangka Afindi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Efendi, Walikota Bandung diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Asep Cucu Cahyadi dan Kepala Kejaksaan Negeri Sungailiat Supardi.

Hadir pada acara pembukaan diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Arman, Kasi datun Kejari Sungailiat serta Kabag Humas, PDE dan Santel Setda Bangka Boy yandra.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, terkait dengan pelaksanaan kewenangan dan pengelolaan aset desa dalam pelaksanaan pada dasarnya masih mengalami kendala dilapangan, disamping kebijakan tersebut masih baru, juga sarana dan prasarana pendukung serta kualitas sumber daya manusia ( SDM ) yang mendukung jalannya sistem tersebut juga dalam kondisi kualitas yang belum bisa dikatakan sempurna.

Menurut Bupati, pendalaman melalui sosialisasi dan bimtek terhadap kedua hal tersebut perlu dilakukan secara konprenhensip dan menyeluruh kepada seluruh stakeholders khususnya kepada pemerintahan desa, guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan utama sekaligus membangun tata pemerintahan desa yang baik demokratis, adil dan makmur.

Sementara itu Kepala BPM Pemdes Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi menjelaskan, maksud diadakan kegiatan Bimtek sebagai upaya meningkatkan peran penyelenggara pemerintahan desa dalam mendukung kebijakan pemerintah dan pemerintahan daerah dalam mencapai tujuan nasional dan tujuan otonomi daerah.

Sedangkan tujuan diadakannya kegiatan adalah, mesosialisasikan dan menindaklanjutkan ketentuan UU Nomor 6/2014 dan Permendagri No. 1 tahun 2016.

“Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta sikap dan prilaku para penyelenggara pemerintahan desa dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan desa berdasarkan UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa,” kata Mina.

Selain itu untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan sikap aparatur penyelenggara pemerintahan desa dalam penataan kewenangan desa sesuai ketentuan yang berlaku serta tujuan lainnya yang bermuara kepada tercapainya masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Sebanyak 184 peserta Bimtek kesempatan tersebut mengunjungi desa Ciburial Kabupaten Bandung, untuk mengetahui tentang tata kelola pemerintahan desa Ciburial, yang diterima Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan.(bangka.tribunnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here