Tour de Flores Jadi Investasi Sejahterakan Rakyat NTT

84
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | Labuan Bajo – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya menilai perhelatan perdana Tour de Flores yang diagendakan 16-26 Mei 2016 merupakan upaya mendukung program pemerintah daerah untuk menjadikan NTT sebagai provinsi pariwisata, sekaligus investasi untuk menyejahterakan rakyat.

“Perhelatan Tour De Flores yang dicanangkan oleh pemerintah pusat ini bertepatan dengan telah ditetapkannya program baru di provinsi ini, yakni menjadikan NTT sebagai provinsi tujuan pariwisata,” demikian Gubernur Frans Lebu Raya ketika memimpin rapat koordinasi dan evaluasi persiapan akhir Tour de Flores di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa (10/5).

Rapat koordinasi dan evaluasi ini dihadiri semua perwakilan dari kelima daerah yang akan dilintasi pembalap sepeda tingkat dunia, di antaranya Bupati Manggarai Barat, Gusty Dula, Wakil Bupati Manggarai, Viktor Madur, Damdim 1612 Manggarai, Kapolres Manggarai Barat, serta Faustinus dari event organizer.

Gubernur mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan semua pihak untuk menyukseskan acara tersebut agar potensi pariwisata yang ada di pulau-pulau di Flores semakin dikenal oleh wisatawan, baik mancanegara maupun lokal.

Provinsi NTT mengucurkan anggaran sekitar Rp 3,9 miliar untuk mendukung perhelatan sport tourism itu dengan tujuan menjadikan NTT sebagai new tourism territory. Sedangkan wilayah-wilayah yang dilintasi pembalap sepeda juga mengalokasikan dana tersendiri untuk menggelar acara hiburan di sela-sela etape.

“Urusan prestasi balap sepeda itu urusan lain, tetapi kepentingan kami adalah promosikan new tourism territory. Dalam konteks pariwisata di wilayah Nusa Tenggara, NTB adalah pariwisata masa kini dan NTT adalah pariwisata masa depan. Dengan demikian, Tour de Flores yang akan digelar adalah sebuah investasi demi kesejahteraan rakyat NTT,” tegasnya.

Lomba balap sepeda itu akan diselingi dengan kegiatan pariwisata, seperti kunjungan ke destinasi wisata gunung api, atraksi budaya, serta bazar. Dengan demikian, Tour de Flores menjadi daya dorong untuk memperkenalkan Flores ke pentas dunia. (beritasatu.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here