Ujian Nasional Bukan Lagi Syarat Kelulusan Sekolah

104
0
SHARE

LAPORAN : HERI SUPENDI

BHARATANEWS.ID | PENDIDIKAN – Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi syarat utama kelulusan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengungkapkan, kelulusan para siswa kini ditentukan oleh nilai semua mata pelajaran.

“UN seperti tahun lalu kita sudah mulai tidak lagi menjadi syarat kelulusan, ditentukan oleh semua mata pelajaran. Bukan hanya mata pelajaran yang di-UN-kan. Dengan begitu lulus atau tidaknya memang lengkap, termasuk pelajaran Pancasila dan agama itulah yang menentukan kelulusan,” ujar Anies kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Ujian Nasional tidak lagi menjadi momok yang menghawatirkan untuk para murid Sekolah karena UN sudah tidak lagi menjadi syarat kelulusan siswa.

Meski demikian tidak berarti pengawasan soal Ujian Negara diabaikan oleh para pihak penyelenggara baik rayon dan sub rayon.

Seperti halnya di SMP Negeri 1 Dramaga, para panitia pelaksana Ujian Nasional di SMPN 1 Dramaga diwajibkan untuk pengamanan dan menjaga keamanan dan kebocoran soal Ujian Nasional yang ada di SMPN 1 Dramaga dengan diberlakukannya piket diluar jam kerja Sekolah yaitu pukul 18.00 hingga 06.00.

Namun disaat reporter bharatanews.id tiba di lokasi SMPN 1 Dramaga, belum Nampak terlihat panitia yang dijadwalkan untuk melakukan piket di Sekolah. Yang ada hanya satu orang penjaga sekolah (Security) dan satu orang petugas kebersihan.

Pukul 19.30 baru datang salah seorang panitia Ujian Nasional dari SMPN 1 Dramaga yang ditugaskan untuk melakukan piket yakni Mulyana bagian Tata Usaha (TU). Padahal yang seharusnya ditugaskan untuk piket malam sebanyak empat orang.

Pukul 20.00 barulah tiba Kepala Sekolah SMPN 1 Dramaga untuk memantau piket dan Soal Ujian Nasional yang ada di SMPN 1 Dramaga.

Risma selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Dramaga mengatakan sebenarnya para panitia tidak konsentrasi di piket, yang penting soal Ujian masih disegel. Karena yang piket juga sudah bertugas dari pagi sampai sore. Ditambah ada petugas keamanan yang menjaga siang malam di Sekolah.

“Kita tidak konsentrasi dengan piket. Karena kan mereka juga sudah tugas dari pagi sampai sore. Yang penting Soal masih di Segel. Dan kita juga kan ada keamanan yang menjaga siang malam disini”, tuturnya kepada bharatanews.id.

Menurut keterangan Mulyana, pukul 05.30 soal Ujian Nasional diambil oleh pihak distribusi dari sekolah lain yang juga sebagai Guru yang menjadi panitia Ujian Nasional di Sekolahnya masing-masing.

 “Biasanya yang ambil soal kesini guru sekolahnya masing-masing yang jadi penitia UN jam 05.30”, pungkasnya. (her/jat)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here