Tidak Hujan Tapi Kaca Mobil Berembun, Ini Penyebabnya

72
SHARE

BHARATANEWS.ID – Munculnya embun pada kaca bagian dalam mobil ketika cuaca hujan tentu bukan hal yang aneh. Tetapi bagaimana jika embun tetap muncul meski cuaca sedang cerah? Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Technical Support Auto2000, Agus Mustafa menjelaskan kaca bagian dalam mobil  berembun ketika cuaca cerah kemungkinan terjadi akibat semburan udara dingin yang keluar dari perangkat penyejuk udara (AC).

“Pertama cek posisi pengaturan arah hembusan udara AC menuju ke mana? Kalau mengarah ke kaca, berarti itu yang menyebabkan kaca berembun. Sebaiknya arahkan ke depan, arah kaki, atau keduanya,” papar Agus sebagaimana dilansir laman Liputan6, Rabu (4/5/2016).

Tetapi jika kaca masih saja berembun, coba arahkan tangan Anda ke titik tersebut. Jika terasa udara dingin, kemungkinan telah terjadi kebocoran pada saluran AC. Sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel spesialis AC untuk melakukan pemeriksaan dan menutup kebocoran.

Sementara tips otomotif yang diberikan laman resmi Toyota Astra, embun pada kaca mobil dapat diatasi dengan menekan tombol recirculation dan menyalakan kipas mobil. Fitur membuat udara di dalam kabin tersirkulasi dengan optimal.

Tips yang tidak kalah penting, pastikan pula karet-karet yang mengelilingi kaca dalam kondisi yang baik. Sebab embun juga akan mudah muncul jika kondisi karet tersebut aus.(solopos.com)