Syarat Ketua Umum Golkar, Ade Komarudin Tolak Setor Rp 1 Miliar

84
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Ade Komarudin mengaku tidak akan mau membayar Rp 1 miliar sebagai syarat maju jadi Ketua Umum Parta Golkar. Sebab menurut Ketua DPR tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi telah melarang syarat tersebut.

“Tentu KPK patokannya adalah peraturan perundangan yang ada, kemudian patokan saya adalah DPP yang memutuskan. Tetapi DPP harus berkonsultasi dengan KPK dan hasil konsultasi dengan KPK tadi saya kira sudah jelas, sesuai dengan dugaan saya bahwa itu tidak dibenarkan oleh KPK,” kata Ade Komarudin Rabu (4/5/2016).

Wakil Ketua Komite Etik Munaslub Golkar Lawrence Siburian juga membenarkan adanya larangan KPK terkait penarikan iuran bagi para calon ketua umum partainya. “Itu bisa masuk dalam ketentuan gratifikasi, sehingga ada larangan pemberian sumbangan Rp1 miliar di dalam Munaslub ini,” kata Lawrence, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (4/5/2016).

Lawrence Siburian mengaku bertemu dengan Pimpinan KPK Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Laode M Syarif, Alexander Marwata, dan sejumlah Deputi dan pejabat KPK lain terkait kewajiban iuran Rp1 miliar yang harus dibayarkan bakal calon ketum Partai Golkar.” Jadi, tidak ada pengumpulan Rp 1 miliar yang wajib,” tambah Lawrence.

Menurut dia, iuran yang telanjur dibayar oleh bakal calon ketua umum akan dikembalikan utuh. “Ini bertujuan baik, maksudnya supaya Partai Golkar dalam munaslub sesuai aturan untuk memperbaiki partai dan membasmi korupsi,” papar Lawrence.
“Sebagaimana saya sampaikan tadi pada saat pendaftaran bahwa patokan saya yang berwenang di bidang ini, jadi pandangan KPK tentu akan saya ikuti karena itulah yang paling tepat dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” jelas Ade Komarudin.

Lalu apakah akan memberikan uang akomodasi bagi para peserta Munaslub?

“Saya sampaikan tadi bahwa KPK telah mengatakan bahwa itu bagian dari salah satu politik uang dan tentu itu tidak dibenarkan dan tentu akan kita hindari itu,” tegasnya. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here