Pertemuan Trilateral Bahas, Perompak, Teroris dan Pengamanan Perairan

71
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan Trilateral antara Indonesia, Malaysia dan Filipina. Mendahului pertemuan ini, ketiga pihak telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo, di Gedung Agung, Yogyakarta, Kamis (5/5/2016).

Pertemuan ini merupakan inisiatif Indonesia dengan latar belakang semakin meningkatnya tantangan keamanan yang mengkhawatirkan di perairan antara ketiga negara.

Tantangan tersebut antara lain dengan maraknya perompakan bersenjata, kejahatan transnasional dan terorisme. Tantangan ini dipandang telah mengancam keselamatan warga negara serta mempengaruhi jalur perdagangan dan aktivitas ekonomi yang menimbulkan kerugian bagi kesejahteraan kawasan.

Pertemuan Trilateral antara Menteri Luar Negeri dan Panglima Angkatan Bersenjata ketiga Negara yaitu : Indonesia : Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo; Malaysia : Menteri Luar Negeri Dato’ Sri Anifah Aman dan Panglima Angkatan Bersenjata Tan Sri Dato’ Sri (DR) Jenderal Zulkifeli Mohd. Zin; Filipina : Menteri Luar Negeri Filipina, Jose Rene D. Almendras dan Acting Panglima Angkatan Bersenjata Vice Admiral Caesar C. Taccad, bertempat di Aula Gedung Agung, Yogyakarta, berlangsung dengan aman dan lancar.

Menlu RI Retno Marsudi didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan bahwa, Jokowi menggarisbawahi berbagai tantangan keamanan yang dihadapi ketiga negara dan menekankan pentingnya langkah bersama dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan tersebut serta menekankan pentingnya memastikan stabilitas dan keamanan serta kepercayaan di kawasan kita.

“Diskusi dalam pertemuan Trilateral ini berlangsung secara terbuka dan konstruktif. Hal ini merefleksikan komitmen tinggi tidak hanya terhadap hubungan dekat kita, tapi juga terhadap upaya mengatasi berbagai tantangan,” ucap Retno Marsudi.

Menlu juga menyampaikan bahwa dalam pertemuan tersebut, membahas secara menyeluruh tantangan keamanan yang dihadapi ketiga negara dalam perairan yang menjadi perhatian bersama. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here