Kapal Wisatawan Kandas di Kepulauan Seribu

90
SHARE

Nyaris Tabrak Karang

BHARATANEWS.ID | KEPULAUAN SERIBU  – Kapal Sabuk Nusantara 46 membawa ratusan wisatawan ke Pulau Pramuka kandas dan nyaris menabrak karang di Perairan Pulau Gosong Sekati, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Kamis (5/5).

Anggota Patroli Ditpolair Polda Metro Jaya yang mendapat laporan, sekitar pukul:11.05 wib kemudian mengevakuasi penumpang kapal. Sehingga kapal yang kandas di pasir tersebut bisa ditarik kelaut.

Direktur (Wadir) Polair Polda Metro Jaya, AKBP ZH Dapas, mengatakan Kapal Sabuk Nusantara 46 bertolak dari Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Utara sekitar 08.15 WIB, menuju ke Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa dan Harapan. Kapal membawa 115 orang itu dinakhodai Captain Abbas Siraju.

“Rinciannya dewasa ada 113 orang, sementara anak-anak 2 orang. Sekitar pukul 09.35 WIB, Kapal pun bersandar di Dermaga Timur Pulau Untung Jawa terlebih dahulu, untuk menurunkan penumpang yang bertujuan ke Pulau Untung Jawa,” ujar Dapas.

Dapas melanjutkan, kapal Sabuk Nusantara 46 itu pun bertolak kembali dari dermaga Pulau Untung Jawa, untuk mengantar penumpang yang tujuan ke Pulau Pramuka. Namun, sekitar pukul 11.05 WIB, jelas Dapas, Kapal itu pun terkandas dipasir, di Perairan Pula Gosong Sekati.

“Penumpang sempat panik lantaran takut kapalnya tenggelam akibat terkandas di pasir. Kami dapat laporan sekitar pukul 11.30 WIB. Sebagian penumpang dievakuasi oleh beberapa personel dari Polsek Kepulauan Seribu, Dit Polair Polda Metro Jaya (PMJ), dan Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi (Sudinhubtrans) Kabupaten Kepulauan Seribu, ke Kapal Kerja Sudinhubtrans, dan Kapal Patroli KP- 2008 milik Dit Polair PMJ,” ucapnya.

Dapas menambahkan, begitu kapal bisa terlepas. Sebagian penumpang yang dievakuasi dinaikkan kembali ke Kapal Sabuk Nusantara 46 untuk melanjutkan perjalanannya. (Pos Kota)