MiQi, Single Board Computer Saingan Raspberry Pi, Gunakan Sistem Operasi Android

124
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Kehadiran komputer mini atau biasa disebut single board computer kini hadir dari berbagai merek. Single board computer saat ini sendiri yang lebih banyak dikenal adalah Raspberry Pi. Dengan berbasiskan sistem operasi Linux, single board computer ini dapat dimanfaatkan untuk bermacam-macam, seperti server rumahan, hingga ke otak dari robot.

miqi-sbc-0

Kini ada pesaing lain Raspberry Pi yang memiliki fitur tak kalah menarik, yakni MiQi. Dilansir dari Liliputing, Sabtu (23/4/2016), ukuran dari single board computer ini tidak jauh berbeda dengan Raspberry Pi 3. Namun yang membedakan adalah pada komponen yang ada di dalamnya.

Disebutkan bahwa prosesor pada MiQi ini adalah Rockchip RK3288 ARM Cortex-A17 yang sudah quad core. Sedangkan untuk pengolah grafisnya, ada Mali-T764 yang siap memproses. Yang menarik adalah, MiQi memiliki beberapa opsi spesifikasi yang berbeda.

miqi-sbc-1

Yang pertama yaitu versi paling murah dari MiQi yang mana dibekali dengan RAM berkapasitas 1GB dengan memori penyimpanan eMMC sebesar 8GB. Sedangkan opsi yang lain, menawarkan RAM sebesar 2GB dan memori eMMC berkapasitas 32GB.

Fitur lain yang ada pada single board computer ini adalah, adanya sebuah port HDMI, empat port USB 2.0, sebuah port micro USB, serta tidak ketinggalan ada port RJ45 LAN. Lalu MiQi juga memiliki header 16 pin dan 12 pin.

MiQi sendiri dapat menggunakan dua sistem operasi yang berbeda, yakni Android 5.1 Lollipop dan Ubuntu 14.04. Bagi yang bertanya soal harga, MiQi dengan RAM 1GB dibanderol dengan harga 39 USD atau sekitar 520.000 Rupiah, sedangkan untuk RAM 2GB dipatok dengan harga 69 USD atau berkisar 920.000 Rupiah.(beritateknologi.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here