Kejagung Pertimbangkan Cegah Alex Noerdin ke Luar Negeri

89
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Kejaksaan Agung mempertimbangkan untuk mencegah keberangkatan ke luar negeri terhadap Gubernur Sumsel Alex Noerdin terkait penyidikan kasus dana hibah dan bansos Pemprov Sumsel sebesar Rp2,1 triliun.

“Kenapa tidak (untuk dicegah keberangkatan untuk ke luar negeri),” kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah menjawab pertanyaan wartawan, di Gedung Bundar, Kejagung, Rabu (4/5).

Namun, Arminsyah mengingatkan status Alex Noerdin sekarang ini masih sebagai saksi sehingga pencegahan tidak dapat dilakukan. “Kan masih sebagai saksi,” terang Arminsyah.

Sesuai dengan UU Keimigrasian Nomor 6/2011, pencegahan dapat dilakukan terhadap tersangka selama enam bulan dan dapat diperpanjang selama enam bulan. Saksi juga dapat dicegah berpergian ke luar negeri, selama diduga kuat terlibat tindak pidana.

Penyidikan dana Hibah dan Bansos Sumsel, 2013 diduga karena banyak ditemukan penyimpangan sesuai dengan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sejumlah pejabat teras Pemprov Sumsel, Anggota DPRD Sumsel dan LSM telah diperiksa, di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel dan Kejagung, termasuk Alex Noerdin, Jumat (29/4).
Pemeriksaan itu yang kedua dilakukan, yang sempat luput dari perhartian pers, karena tidak diinformasikan kepada awak media.

Meski sudah dua kali diperiksa, status Alex Noerdin masih sebagai saksi. Dia sendiri bersikukuh semua sudah sesuai prosedur dan bahkan telah mengembalikan uang Hibah sebesar Rp15 miliar. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here