Hutan Terbakar Ribuan Orang Dievakuasi

87
SHARE

BHRATANEWS.ID | KANADA – Ribuan orang terpaksa dievakuasi dari kota Fort McMurray di provinsi Alberta, Kanada karena kebakaran hutan tidak masih belum bisa dikendalikan dan api mulai mengarah ke wilayah pemukiman.

Terjadi kemacetan di jalan karena sekitar 80 ribu warga meninggalkan kota. Kemacetan semakin parah karena jalan utama di selatan terpaksa ditutup karena api, membuat jalur evakuasi hanya melewati jalur utara.

Kepala pemerintahan Alberta, Rachel Notley, menyebut evakuasi ini adalah evakuasi yang terbesar sepanjang sejarah provinsi. Menurutnya, prioritas utama adalah mengeluarkan warga dari kota dan menyediakan tempat evakuasi yang cukup.

Kebakaran hutan dilaporkan terjadi di tenggara kota pada Minggu (1/5) lalu. Suhu tinggi dan rendahnya kelembaban ditambah dengan angin yang kencang membuat pemadaman api berjalan lambat.

Pemerintah mulai mengevakuasi sekitar 29 ribu warga di 12 lingkungan pemukiman pada Selasa (3/5) sore namun satu jam setelahnya, pemerintah memperluas perintah evakuasi hingga seluruh kota.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan pemerintah federal telah siap memberikan bantuan bila ada permintaan dari kota ataupun provinsi. (Pos Kota)