Drone yang Dikontrol dengan Pikiran Berlomba Satu Sama Lain

94
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Perlombaan drone saat ini menjadi pemandangan yang cukup menarik untuk dilihat. Dan aktivitas lomba drone pun saat ini menjadi lomba yang cukup banyak dipertandingkan. Namun sebuah lomba drone yang diadakan Universitas Florida merupakan yang pertama di dunia, dengan adanya lomba drone yang khusus dikontrol menggunakan pikiran.

lomba drone

Teknologi brain-computer interface (BSI) menggunakan pikiran bukanlah sebuah teknologi baru. Teknologi ini menjadi salah satu teknologi yang masih prematur dan butuh pengembangan lebih lanjut. Salah satu aplikasi dari teknologi ini adalah digunakan untuk mengontrol lengan buatan oleh para pasien. Namun penggunaan teknologi ini untuk mengontrol sebuah drone merupakan sebuah hal yang baru.

Dan Universitas Florida pun beberapa waktu lalu memberikan kesempatan bagi para pecinta drone untuk bersaing memperlihatkan kemampuannya. Sebanyak 16 peserta pun turut berpartisipasi mengontrol drone-drone DJI Phantom yang disiapkan di sebuah lapangan.(beritateknologi.com)

Mereka yang berpartisipasi dalam lomba drone ini pun menggunakan headset elektroencephalogram yang telah dikalibrasi untuk masing-masing orang. Headset ini pun sebelumnya digunakan untuk merekam aktivitas neuron saat dipakai untuk memikirkan sebuah benda yang didorong maju. Dan aktivitas ini selanjutnya dihubungkan dengan gerak maju drone.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, teknologi ini masih terbilang baru. Jadi tidak heran kalau para peserta lomba drone ini pun masih kesulitan dalam menerapkannya secara langsung. Dengan berjalannya waktu, tak menutup kemungkinan kalau drone yang dikontrol menggunakan pikiran pun bisa terbang secara mulus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here