China Perkenalkan Robot Polisi Bernama Anbot

83
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Universitas Negeri Pertahanan China telah memulai debut dari Anbot, yakni sebuah robot pertarung yang dirancang untuk melindungi terhadap kekerasan dan kerusuhan di jalan-jalan negara. Tentu ini sangat unik, karena menggunakan robot sebagai polisi seperti pada film Robocop.

Anbot (Kredit: chinanews)
Anbot (Kredit: chinanews)
Diresmikan minggu lalu di Chongqing Hi-Tech Fair, robot polisi cerdas ini memiliki tinggi 1.49m dan berat 78kg. Robot tersebut juga dapat melakukan perjalanan secara mandiri pada kecepatan tertinggi hingga 18km / jam, pada permukaan datar.
Seperti laporan People’s Dairy, robot tersebut dapat melakukan patroli dengan fitur built-in sensor yang ‘meniru otak manusia, mata dan telinga.” Artikel tersebut juga menjelaskan bahwa ketika Anbot mendeteksi potensi ancaman keamanan, pengendali seorang manusia dari jarak jauh bisa mengaktifkan ‘alat kontrol kerusuhan bertenaga listrik,’ yang mungkin sejenis laser atau perangkat taser.
AnBot merupakan serangkaian terobosan dalam kunci teknologi termasuk navigasi otonom berbiaya murah dan merupakan analisis video cerdas, yang akan memainkan peran penting dalam meningkatkan tindakan anti-terorisme dan anti-kerusuhan.
Anbot (kredit: chinanews)
Anbot (kredit: chinanews)

Masyarakat umum juga dapat menekan tombol peringatan pada robot jika dalam keadaan darurat. Dalam satu demonstrasi, robot menunjukkan kemampuannya untuk mencengkeram kaki mannequin.

Menurut laporan People’s Daily, AnBot dikatakan mampu bekerja terus menerus selama delapan jam, tetapi artikel tidak menyebutkan rincian lebih lanjut tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang, atau apa yang terjadi ketika seorang teroris lolos menaiki tangga atau pesawat. Tentu teknologi ini masih membutuhkan pengembangan agar dapat berfungsi dengan optimal.(beritateknologi.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here