Calon Peserta Pilkada Kota Yogya dari Jalur Independen Bertambah

88
SHARE

BHARATANEWS.ID | Yogyakarta – Kombes Polisi Arif Nurcahyo bersama pasangannya, Aki Ahisakti yang berlatar belakang arsitektur, mendeklarasikan diri untuk maju ke bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 di Kota Yogya melalui jalur independen, Senin (2/5) sore di Plaza Ngasem Yogyakarta.

Dalam prosesi deklarasi sederhana tersebut, Arif Nurcahyo mengatakan bahwa dirinya terpanggil untuk mengabdi sebagai wali kota Yogyakarta, lantaran merasakan dampak buruk pola pembangunan di kota ini.

“Kota ini dulu, adem-ayem, sejuk dan bersahabat. Tetapi saat saya meninggalkannya dan mengabdi di Mabes Polri selama 26 tahun, kota ini berubah. Kota ini bukan lagi Yogyakarta seperti yang saya kenal,” katanya.

Bagi Arif dan Aki, tanpa punya kekuatan, mereka tidak bisa mengubah Yogya. “Bukan anti pembangunan, tetapi bagaimana menjadikan pembangunan bagian dari budaya. Ini yang hilang,” ujar Arif.

Menurutnya, Yogyakarta sesungguhnya sudah jauh melenceng dari sebutannya sebagai Kota Pelajar, kota yang adem ayem, karena sudah salah kelola sejak awal. Menurut Arif Nurcahyo, kota pendidikan sudah bergesar ke Malang Jawa Timur dan Kota Budaya bergeser ke Bandung.

“Program saya sederhana, membangun dunia bisa dari Indonesia, membangun Indonesia bisa dari Yogyakarta. Lalu membangun Yogyakarta bisa dari pekarangan rumah kita,” katanya.

Memilih jalur independen, ujar Arif, karena idealisme perorangan itu lebih original. Selain itu, tanpa embel-embel partai, dirinya bisa turun dan berbaur dengan berbagai elemen di Yogyakarta dengan bebas.

“Saya sekarang masih aktif di Polri, bagian sumber daya manusia di Mabes Polri dan akan segera mengajukan pensiun dini,” ucapnya.

Sementara itu, Aki Adishakti mengaku awalnya tidak punya keinginan atau berambisi untuk maju dalam Pilkada 2017. Hal ini seakan mengalir begitu saja dan akhirnya berpasangan dengan Arif Nurcahyo.

Pasangan ini, menambah daftar calon peserta Pilkada Kota Yogyakarta dari jalur independen. Sebelumnya, pasangan Garin Nugroho dan Rommy Heryanto, diusung oleh komunitas Masyarakat Jogja Independent (Joint).

Bagi Arif Nurcahyo dan Aki Adishakti, pasangan independen lain bukan rival, tetapi kawan dalam menuju Yogyakarta berbudaya.
“Saya kenal baik dengan Mas Garin Nugroho. Kami sama-sama asli Yogya, sama-sama ingin Yogya menjadi baik, karena itu, kami tetap berkomunikasi,” ujar Arif memastikan.

Arif  juga mangaku siap mengumpulkan 30.000 KTP sebagai tiket melaju ke Pilkada 2017. (beritasatu.com)