Baterai Smartphone Anda Tak Bisa Dicas? Lakukan 5 Hal ini

92
SHARE

BHARATANEWS.ID Bila baterai smartphone Anda tidak bisa dicas, mungkin sudah saatnya untuk mengganti baterai baru. Namun masalahnya, jika smartphone Anda mengusung teknologi baterai non-removable, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, ada beberapa antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Mengutip laman About Technology, Selasa (3/5/2016), cobalah beberapa langkah berikut ini sebelum Anda berniat untuk mengganti baterai smartphone yang error.

1. Restart smartphone

Banyak masalah smartphone yang kerap terjadi, dapat kembali normal setelahsmartphone di-restart. Langkah ini memang tidak bisa memecahkan masalah serius, tapi dengan me-restart smartphone, sejumlah sistem yang error kemungkinan akan pulih kembali.

2. Cek kabel USB

Ada banyak hal yang menyebabkan baterai smartphone tidak bisa diisi ulang. Salah satunya ada pada masalah kabel USB yang Anda gunakan untuk menghubungkansmartphone ke komputer atau power adapter.

Satu-satunya cara untuk mengujinya adalah dengan mencoba kabel USB lain. Jika kabel USB bawaan smartphone Anda rusak, dianjurkan untuk membeli kabel USB baru. Tapi ingat, harus beli yang asli untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

3. Cek power adapter

Jika Anda melakukan pengisian baterai smartphone menggunakan power adapter (bukan dengan cara menghubungkannya ke PC/laptop) dan baterai tidak bisa terisi penuh, bisa jadi power adapter Anda bermasalah.

Sama seperti masalah yang ada pada kabel USB, satu-satunya cara untuk mengecek masalah ini adalah dengan menggunakan power adapter lain dan mencoba untuk mengisismartphone Anda dengan kompartemen tersebut.

4. Cek port USB

Jika Anda tidak bisa mengisi baterai smartphone di port USB komputer Anda, mungkinport USB yang ada sudah rusak. Untuk mengujinya, coba hubungkan smartphone Anda ke port USB pada komputer lain.

Jika komputer lain bisa memberikan daya pada smartphone Anda, bisa dipastikan portUSB pada komputer Anda rusak.

Anda juga dapat mengeceknya dengan cara mencoba mencolokkan perangkat USB lain ke komputer Anda. Langkah ini dapat lebih meyakinkan Anda bahwa masalahnya memang benar-benar ada pada port USB.

5. Kunjungi situs resmi

Jika semua cara tersebut sudah Anda lakukan dan baterai smartphone Anda tetap tidak bisa dicas, dapat disimpulkan bahwa baterai smartphone Anda sudah mati dan perlu diganti.

Sebelum memutuskan untuk mengganti baterai smartphone dengan yang baru, Anda bisa mengunjungi situs resmi smartphone Anda atau menghubungi customer service untuk mengetahui keterangan lebih lanjut.(liputan6.com)