Wali Kota Magelang Dukung Temu Huffadz Nasional

105
SHARE

BHARATANEWS.IDKota Magelang sangat layak sebagai tuan rumah THN, terutama karena infrastruktur, kebersihan kotanya sebagai peraih Adipura dan sesuai dengan visi Kota Magelang yang religious.

Pernyataan ini disampaikan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito saat menerima kedatangan Panitia Temu Huffadz Nasional (THN) yang bersilaturahim dengan Wali Kota Magelang Ir. H. Sigit Widyonindito, MT, Senin (25/05/2016).

“Saya merasa bangga, Kota Magelang mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan even tingkat nasional,” kata Sigit.

Pemkot Magelang, masih kata Sigit Widyonindito,  berkomitmen untuk membantu sepenuhnya agar tamu-tamu ini dapat terlayani dengan baik dan nyaman. Menurutnya, para penghafal Al-Quran ini datang ke Kota Magelang demi kemaslahatan umat dan tidak berorientasi apapun kecuali kebaikan.  Sigit meyakini kehadiran Huffadz ini bisa memberi pencerahan kepada warga Magelang khususnya dan rakyat Indonesia secara umum.

“Semoga dengan acara ini akan mempererat ukhuwah Islamiyah dan menambah semangat keberagamaan kita,” tuturnya.

Sigit menambahkan  Kota Magelang sangat layak sebagai tuan rumah acara THN ini, terutama karena infrastruktur dan kebersihan kotanya sebagai peraih Adipura. Apalagi, acara ini sangat sejalan dengan visi misi kota Magelang untuk menjadikan Magelang sebagai kota jasa yang modern dan cerdas yang dilandasi masyarakat yang sejahtera dan religius.

“Allah Subhanahu Wata’ala Maha mengatur, diawal kepemimpinan saya, saudara kita dari Yayasan Ihsanul Fikri mengadakan acara yang sejalan,” ujar Sigit dengan senyum lebar.

Sementara itu, Ketua panitia THN, H Ahmad Kasban Syarqawi, Lc, MA, Alhafizh, kedatangannya ke kantor Pemerintahan Kota Magelang ini untuk meminta restu sekaligus dukungan pada Wali Kota untuk suksesnya THN yang akan diselenggarakan pada, Selasa-Ahad (3-8 Mei 2016).

“Acara ini dipusatkan di Kota Magelang,” jelas Kasban.

Sebelumnya, masih kata Kasban, beberapa kota sempat bersaing untuk menjadi tuan rumah THN ini, seperti Subang dan Bandung. Dalam musyawarah terakhir panitia pusat memutuskan Kota Magelang.

“Alhamdulillah Yayasan Ihsanul Fikri siap menjadi penyelenggara THN,” jelas Kasban.

Dalam pertemuan ini, Kasban juga menjelaskan, huffadz adalah jamak dari hafidz. Kata ini memang berasal dari bahasa Arab yang artinya, ‘penghafal’ atau ‘pemelihara’. Jadi huffadzyang dimaksud disini, para penghafal Al-Quran 30 juz.

“Nah bisa dibayangkan bila 130-an penghafal Al-Quran berkumpul, semoga rahmat AllahSubhanahu Wata’ala akan menaungi kita semua,” tuturnya.

Menurut Kasban, temu huffadz ini berawal dari Mukhayam Al-Quran Nasional, sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari membentuk karakter anak bangsa.

Pesertanya dari Aceh, Sumatera, Sulawesi hingga Papua. Mereka terdiri dari kaum muda dan professional yang memiliki keinginan kuat untuk mempertahankan dan menjaga  hafalan Al-Quran. Rencananya 130-an peserta inti akan mengikuti acara ini. Diantara peserta ada juga yang membawa keluarga.

“Ada juga peserta dengan kategori mustami (pendengar) yang ingin menambah hafalannya,” jelas Kasban.

Menurut Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Ihsanul FIkri H Arifin Mustofa,  S.Pd, yang turut mendampingi Panitia, THN ini even nasional pertama bagi Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2015 lalu. Peserta THN berasal dari Aceh hingga Papua, bahkan ada yang mengajak keluarganya.

“Insya Allah akan hadir, Dr Hidayat Nur Wahid, Habib Salim Segaf Aljufri dan beberapa tokoh nasional,” jelas Arifin.

Arifin menuturkan, karena bobot acara ini setingkat nasional maka pesertanya pun merupakan tokoh di daerahnya masing-masing. Pengalaman mereka selama di Magelang akan mereka sampaikan kepada keluarga dan masyarakat di daerahnya masing-masing. Ini Sekaligus promosi bagi kota yang terkenal dengan penganan getuknya.

“Acara ini juga tentu sangat bermanfaat untuk warga Magelang, Insya Allah berkah!” seru Arifin.

Menurut Arifin sejatinya acara ini bukan hanya milik Yayasan Ihsanul Fikri, ormas-ormas memberi dukungan dan sambutannya dengan memasang spanduk selamat datang parahuffadz dan ucapan selamat dan sukses untuk terselenggaranya acara ini. Panitia juga mengajak peran serta masyarakat, Takmir Masjid dan masyarakat juga diundang untuk mengikuti acara seminar al-Quran sebagai rangkaian dari THN.

“Rencananya Panitia THN akan memberikan sumbangan 200 Al-Quran untuk masyarakat Kota Magelang,” pungkas Arifin. (hidayatullah.com)