UN SMP 9 Mei, di Jakarta Baru 106 Sekolah yang UNBK

94
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat akan dilaksanakan secara serempat di seluruh penjuru Tanah Air, mulai Senin, tanggal 9 Mei.

Adapun untuk wilayah DKI Jakarta yang memiliki 1.531 sekolah, sebanyak 106 sekolah akan menyelenggarakan UN Berbasis Komputer (UNBK)

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Andrianto menyatakan jumlah sekolah yang mampu menyelenggarakan UNBK masih sangat terbatas.

“Saat ini baru 106 SMP yang bisa melaksanakan ujian menggunakan fasilitas komputer. Sedangkan 1.425 sekolah lainnya masih melaksanakan UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) karena belum punya fasilitas komputer,” katanya usai menghadiri upacara peringatan Hardiknas di Lapangan Monas,  Jakarta, Senin (2/5).

Sopan mengatakan, pelajar yang mengikuti UN mendatang berjumlah‎ 153.011 siswa. “‎Pelajar yang ikut UNBK ada 17.098 orang dari 106 sekolah. Sedangkan yang ikut UNKP itu tercatat 135.913 siswa dari 1.425 sekolah SMP dan Madrasah Tsanawiyah,” tandas Sopan sambil menambahkan bahwa UN kali ini  bukan menjadi faktor utama menentukan kelulusan pelajar.

Pelaksanaan UN yang tinggal seminggu lagi ini, tengah disiapkan jajaran Dinas Pendidikan dibantu petugas terkait lainnya. “Rencananya distribusi materi ujian akan didrop Sabtu atau  dua hari sebelum pelaksanaan. Kami berharap jangan sampai terjadi kebocoran soal,” harap Sopan. (Pos Kota)