Mitsubishi Bergantung pada Pasar Asia Tenggara

82
0
SHARE

BHARATANEWS.IDSetelah kasus manipulasi hasil uji efisiensi bahan bakar, Mitsubishi akan semakin bergantung pada pasar di luar Jepang. Mereka mengandalkan fasilitas yang ada di Thailand yang saat ini menjadi basis produksi.

Dikatakan, Mitsubishi Thailand menjual kendaraan dua kali lipat lebih banyak di pasar Asia Tenggara daripada Jepang. Model yang dibuat di negara itu di antaranya Triton danPajero Sport.

Menurut Bloomberg, bergantung pada penjualan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, adalah cara yang paling tepat menghindari krisis keuangan akibat kompensasi yang mungkin harus dikeluarkan.

Posisi Asia Tenggara semakin penting sebab penjualan Mitsubishi di regional lain tidak terlalu menggembirakan. Mitsubishi adalah salah satu pabrikan otomotif terlemah di Eropa. Bahkan, penjualan mobil antar negara Asia Tenggara lebih banyak dibanding penjualan di Eropa Barat selama tujuh tahun terakhir.

Pun dengan di Amerika Utara. Penjualan Mitsubishi di wilayah itu juga tidak baik. Mereka bahkan telah menutup pabrik satu-satunya yang ada di AS, tahun lalu.

Krisis

Namun,¬†Mitsubish mungkin tetap kekurangan dana. Analis dari Advance Research Japan, Koji Endo, mengatakan “Mitsubishi Motors mungkin akan kehabisan uang tunai sebelum penjualan di Thailand kembali.”

Apalagi, berdasarkan data terakhir yang tercatat pada Desember lalu, Mitsubishi punya uang tunai terkecil di antara pabrikan Jepang lainnya. Mereka hanya punya kas sebesar 484,7 miliar yen.

Thai Industrial Standards Institute belum berkomentar terkait hal ini. “Sampai kami sempat mempelajari masalah ini,” tutur sang sekretaris jenderal, Tawat Polquamdee.(liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here