Indonesian Bamboo Community di Cimahi Terima Kunjungan Seniman Asing

112
SHARE

BHARATANEWS.ID | CIMAHI – Sejumlah seniman dan produsen alat musik dari Jepang, Taiwan dan Filipina melakukan studi banding ke Komunitas Indonesian Bamboo Community (IBC) di Jl. Melong asih no. 23 cimahi, Minggu (1/5).

Salah seorang seniman dari Taiwan, Adolfo Timuat Toyoda mengatakan kunjungan tersebut dilakukan karena tertarik dengan inovasi dari IBC yang membuat alat musik modern dari bambu. “Kami tertarik dengan proses kreatif yang mereka (IBC) lakukan yang membuaty gitar, bass, drum, dan biola dari bambu,” ujar pria yang berprofesi sebagai pembuat gitar.

Ia melanjutkan, bukan tidak mungkin kedepannya akan menggandeng IBC untuk bekerjasama. Meski begitu, ia mengaku belum bisa berbicara banyak mengenai bentuk kerjasama yang akan dilakukan. “Apakah nanti kerjasamanya dengan mengadakan pelatihan di negara saya, nanti akan dibicarakan lagi,” kata pria yang juga berkebangsaan Spanyol itu.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, ketua IBC Adang Muhidin mengaku kunjungan dari negara lain ia anggap motivasi untuk terus melakukan inovasi dari material bambu.

Adang berharap, pengakuan dari negara lain terhadap produknya bisa menular kepada pelaku usaha lain yang berada di Jawa Barat. “(Kunjungan) ini merupakan motivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas produk dan terus berinovasi dari material bambu,” ujarnya.

Terkait bentuk kerjasama yang akan dibangun, Adang mengaku belum berbicara banyak terkait hal tersebut. “Yang penting kami menjalin hubungan baik. Untuk kerjasama bentuknya seperti apa, kita lihat saja seperti apa,” terangnya.

Sementara itu, selain kunjungan, para musisi seperti Taiwan Bamboo Orchestra (Taiwan), Tokyo Rakutakedan (Jepang), Pelangi-Pelangi (Jepang) menunjukkan kemampuan dalam memainkan alat musik bambu. (pojokjabar.com)