Gelapkan Biji Pinang, 2 Awak Truk Diringkus

111
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Dua awak truk ekspedisi gelapkan 700 kg biji pinang di ringkus tim Unit I Subdit Jatanras Polda Metro Jaya. Dua pelaku Rahmadi dan Henderi diringkus tanpa perlawanan di daerah Lampung. Biji pinang hasil curian tersebut kemudian di jual kedua tersangka senilai Rp 21,8 juta.

Kanit I Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Gunardi mengatakan, terungkapnya kasus penggelapan biji pinang tersebut dari laporan pihak ekspedisi PT Semesta Mandiri  yang menyebutkan, muatan biji pinang berkurang setelah sampai di Jakarta.

“Biji pinang dibawa dua tersangka menggunakan truk dari Jambi sebanyak 40 ton, namun sebelum sampai di gudang Marunda, Jakarta Utara, mereka jual biji pinang sebanyak 700 kg di daerah Lampung  dengan harga  Rp21,8 juta,” kata Gunardi, Senin (2/4).

Para tersangka, sudah tiga bulan bekerja sebagai sopir di PT Semesta Mandiri. Mereka dipercaya mengantar barang ekspedisi tersebut dari daerah ke Jakarta.

Tapi, kepercayaan itu dimanfaatkan keduanya mencari keuntungan pribadi. Mereka mengambil sedikit demi sedikit biji pinang lalu menjualnya Rp 1000 per kg di Lampung.

“Pelaku sudah kami tangkap semalam di Lampung berikut barang bukti berupa tiga unit ponsel, surat jalan serta satu dompet. Saat ini kami masih melengkapi administrasi penyidikan serta pemeriksaan saksi dan tersangka untuk proses selanjutnya,” jelasnya.

Ulah  perbuatan tersangka  dijerat Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (Pos Kota)