4.160 Buruh Kabupaten Bogor Siap Serbu Jakarta

102
0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Sedikitnya ada 4.160 buruh se-Kabupaten Bogor akan berangkat menuju Ibu Kota Jakarta untuk memperingati May Day atau hari buruh sedunia pada 1 Mei mendatang. Jumlah tersebut terdiri dari lima serikat buruh di Kabupaten Bogor yakni SPN, SPMI, SP LEM, SP ITP dan Farkes.

Koodinator aksi Garda Metal Bogor, Heri Irawan mengatakan nantinya para buruh tersebut akan diangkut menggunakan 72 bus dari beberapa titik keberangkatan buruh menuju Jakarta.

“Nanti ada beberapa titik kumpul para buruh diantaranya di Tol Jagorawi, Cileungsi dan Citeurep. Tergantung juga dari serikat buruhnya masing-masing tapi tetap sama satu tujuan yaitu ke Jakarta,” katanya, Jumat (29/4/2016).

Rencananya, para buruh yang berangkat akan dibagi menuju tiga lokasi yang berbeda saat tiba Ibu Kota Jakarta. Ada yang menuju Stadion Utama GBK Senayan, Gedung DPR RI, serta Istana Merdeka Jakarta.

Sementara itu, untuk aksi di Kabupaten Bogor sendiri rencananya akan pusatkan di Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor di Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Nanti juga akan ada aksi teman-teman buruh yang tidak ikut ke Jakarta di wilayah Kabupaten Bogor yang rencananya akan dipusatkan di pusat pemerintahan yaitu di Kantor Bupati Cibinong,” tambahnya.

Para buruh sendiri menargetkan sejuta massa yang nantinya akan melakukan aksi di Jakarta. Hingga saat ini sedikitnya ada 23.354 buruh dengan menggunakan 401 bus dari beberapa daerah di Jawa Barat yang juga ikut berangkat menuju Jakarta.

“Jumlah itu baru dari Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Subang. Belum lagi dari Jabodetabek yang sekitar 150 ribu orang,” jelasnya.

Nantinya ada beberapa isu yang angkat oleh buruh dalam May Day diantaranya menuntut pemerintah untuk mencabut PP 78 tahun 2015, Stop PHK, Tiga Tolak yaitu Tolak Reklamasi Teluk Jakarta, Tolak Penggusuran, dan Tolak RUU Tax Amnesty.

“Kita semua akan bersatu dan berorasi untuk memperjuangkan nasib buruh di Indonesia,” tandasnya.(okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here