5 Fakta GP Rusia: Rio Haryanto Pernah Podium 2 di Sochi

88
0

BHARATANEWS.ID Seri keempat Formula 1 bakal berlangsung di Sochi Autodrom Circuit, Sochi, Rusia, Minggu (1/5/2016). Sirkuit ini mempunyai panjang 5,848 kilo meter.

Sochi Autodrom Circuit memiliki 19 tikungan. Lintasan yang juga dikenal sebagai Sirkuit Internasional Jalan Raya Sochi baru menggelar F1 pada 2014. Otoritas F1 (FIA) sudah menjalin kesempatan bersama pihak Rusia untuk menggelar F1 di Sochi Autodrom Circuit selama tujuh musim.

Lintasan ini terbilang unik karena berada di sekitar lokasi Taman Olimpiade Sochi yang merupakan bagian dari Olimpiade Musim Dingin 2014. Uniknya, ada sebuah tikungan yang berbentuk huruf ‘U’.

Sirkuit yang mulai dibangun pada Juli 2011 itu juga punya kenangan manis untuk jagoan balap Indonesia, Rio Haryanto. Apa itu

Data dan fakta Formula 1 GP Russia

1. Lewis Hamilton adalah pembalap yang memenangkan GP Rusia sejak sirkuit ini menggelar F1 pada 2014. Pembalap Mercedes itu sudah dua kali naik podium pertama di Rusia.

2. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel mencatatkan waktu tercepat dalam satu lap di Sochi Autodrom Circuit. Pada F1 2015, catatan waktu Vettel adalah satu menit 40,071 detik.

3. Kecepatan Kimi Raikkonen saat masuk zona speed trap mencapai 343,1 km/jam pada 2015. Itu tercatat sebagai pembalap tercepat di GP Rusia.

4. Saat masih tampil di GP 2 Series bersama Campos Racing, Rio Haryanto sempat memimpin balapan Sochi Autodrom Circuit. Namun akibat safety car masuk lintasan, Rio gagal menjadi juara saat Feature Race. Posisinya direbut oleh pembalap asal Selandia Baru, Richie Stanaway. Rio harus puas di posisi kedua.

5. Jarak antara pembalap yang meraih pole position dengan tikungan pertama hanya 844 meter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here