Istana Harap Proyek Tanggul Raksasa Jakarta Bermanfaat untuk Nelayan

94
0

BHARATANEWS.ID Proyek tanggul raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) diharapkan dapat bermanfaat bagi rakyat, khususnya nelayan di pesisir DKI Jakarta. Hal tersebut menjadi salah satu hasil rapat terbatas dengan topik Reklamasi Teluk Jakarta di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/4).

“Presiden menekankan bahwa proyek ini tidak ada artinya tanpa mengedepankan memberikan manfaat bagi rakyat terutama para nelayan setempat,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung usai rapat di Kantor Presiden, Jakarta.

Dia menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pihak swasta tak dilibatkan dalam NCID atau Garuda Project. Proyek dikendalikan penuh oleh pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Menurutnya, rapat tidak membahas proyek reklamasi 17 pulau. “Proyek ini selanjutnya akan disebut Garuda Project karena ini memang proyek besar. Ini sebenarnya berbeda dengan reklamasi di pulau-pulau yang disebut pulau A,B,C dan seterusnya sampai 17 pulau itu,” ujarnya.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunanan Nasional (Bappenas) telah diperintahkan membuat master plan proyek NCICD. Targetnya, rampung dalam enam bulan ke depan yang dibarengi dengan moratorium reklamasi 17 pulau. “Presiden telah memberikan arahan dan juga sekaligus meminta kepada Bappenas selama moratorium selama enam bulan ini untuk menyelesaikan program besarnya, planing besarnya antara program NCICD dengan terintegrasi bersama dengan reklamasi yang 17 pulau,” katanya.

Dia menambahkan, persoalan lingkungan harus diatur rinci dalam master plan. Presiden juga berharap tidak ada pelanggaran kaidah hukum serta peraturan lain. Karenanya, perlu dilakukan sinkronisasi antar kementerian di antaranya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.(beritasatu.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here