Kodim 0104/Atim Terima Alsintan Dari Ditjen PSP Kementerian RI

98
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | LANGSA, ACEH – Kodim 0104/Atim menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian RI, Kamis (24/3). Alsintan yang terdiri dari lima unit alat tanam padi otomatis (Rice Transplanter) dan lima unit traktor tangan dengan merk dan model ‘Crown Indojarwo’ itu telah diserahterimakan kepada Kodim 0104/Atim di Aula Makodim 0104/Atim dari Kementan kepada Dandim 0104/Atim yang diwakili Pasiter Lettu Satu Inf Meswanto bersama Kabid. PSP Ir. Rosmala Dewi dari Dinas Pertanian Kota Langsa.

Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, S.E., melalui Pasiter Lettu Satu Inf Meswanto menjelaskan, alat tersebut akan mulai digunakan pada masa tanam kedua yakni pada bulan April sampai September mendatang. “Nanti akan kita gunakan terutama untuk lahan demplot kerjasama Kodim dengan Gapoktan, Distannak maupun dengan anggota PPL setempat. Namun alat ini nantinya juga bisa kita gunakan untuk lahan selain demplot, karna cara kerja alat ini secara otomatis maka akan bisa menghemat waktu tanam, sehinga dengan alat ini kita bisa mengejar target tanam dan luas tanam,” jelasnya.

Rice Transplanter model Crown Indojarwo, menurut dia, sangat cocok. Sebab, model tersebut didesain untuk sistem tanam jajar legowo 2:1 yang mampu menghasilkan populasi tanam 213.000 tanaman/hektare atau 33,31 persen lebih banyak dibanding metode tegel 25 cm x 25 cm, dengan populasi tanaman hanya 160.000/Ha.Jika penyiapan lahan dapat dipersingkat, diharapkan musim tanam padi dapat berlangsung lebih cepat. Sehingga luas tanam padi bertambah, salah satunya dengan penggunaan traktor dan Alsintan Rice Transplanter. “Kedua alat ini harus seiring sejalan agar pencapaian target cepat terpenuhi, disamping itu juga dengan alat ini, akan ada efisiensi waktu kerja, mengurangi biaya produksi dan meningkatkan hasil produksi pertanian,” bebernya.

Sementara, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, S.E.mengharapkan, nantinya petani dapat menggunakan alat tersebut untuk memperlancar mereka bercocok tanam atau menggarap lahan mereka. “Dengan begitu, diharapkan petani bisa lebih memaksimalkan hasil pertanian,” tuturnya.Lebih lanjut Dandim menambahkan, pemberian bantuan Hand tractor atau Traktor tangan merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam memaksimalkan program peningkatan produksi pertanian, khususnya melalui upaya khusus peningkatan produksi tanaman padi jagung kedelai (upsus pajale) di wilayah Kodim 0104/Atim yang membawahi 3 Wilayah yaitu Kab. Aceh Timur, Kab. Aceh Tamiang dan Kota Langsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here