250 SIM Gratis, Mensos Berharap Pendapatan Warga Bertambah

85
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Kementerian Sosial memberikan keuntungan bagi penerima Program Harapan Keluarga (PKH) di Jakarta Timur, Kamis (31/3/2016). Sekitar 250 warga mendapatkan kemudahan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang nantinya bisa meningkatkan penghasilan mereka.

Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, mengatakan program tersebut merupakan inisiatif antara Kemensos dengan berbagai lembaga terkait. “Dengan diberikannya fasiltas tersebut, diharapkan dapat meningkatkan penghasilan warga,” katanya, dalam acara pembuatan SIM C di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur.

Menurut Khofifah, langkah ini diambil lantaran dari hasil verifikasi dan validasi data fakir miskin, jumlah keluarga miskin penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) mencapai 15,8 juta keluarga. “Makanya dengan dibuatkannya SIM, nantinya mereka bisa ikut ojek online yang menambah pemasukan warga,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, untuk mewujudkan pemberdayaan dan penguatan keluarga miskin, tidak bisa dilakukan sendirian. Untuk itu, pihaknya bersinergi dengan melibatkan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, serta masyarakat, dilibatkan untuk membantu. “Saya juga berharap di provinsi lainnya di seluruh Indonesia bisa melakukan ini untuk membantu warga,” ungkapnya. (Pos Kota)