Tiket KA Mudik Lebaran Mulai Dijual, Disediakan 4,4 Juta Kursi

59
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyiapkan 4,4 juta kursi kereta api (KA) reguler untuk angkutan mudik Lebaran tahun 2016. Tiket KA mudik itu sudah mulai dijual. masyarakat bisa memesan tiketnya mulai sekarang.

VP Corporate Communication PT KAI Agus Komarudin mengungkapkan penjualan tiket mudik Lebaran 2016 telah dijual 90 hari sebelum hari H menggunakan online. Oleh karenanya mulai hari Senin lalu (28/3) dan seterusnya perseroan telah menyediakan tiket untuk keberangkatan dan kepulangan setiap harinya 200.080 kursi.

Sedangkan masa angkutan mudik Lebaran 2016 dimulai tanggal 29 Juni sampai 17 Juli. “Kalau dikalikan periode angkutan 22 hari jadi total 4,40 juta kursi,” ujar Agus.

Jumlah itu, diperuntukan bagi penumpang di pulau Jawa dan Sumatera dengan 344 perjalanan KA regular atau ada tambahan 4 perjalanan jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 340 perjalanan.

“Ini belum termasuk KA tambahan, karena kita punya lagi 4 train set KA buatan PT INKA (Persero) dan masih dihitung jumlah kursinya dan pemberangakatannya,”terang Agus.

Agar pemesanan tiket menggunakan sistem online tidak terkendala, PT KAI telah menambah bandwit (internet). Tiket kereta mudik Lebaran yang mulai  dijual menurut Agus untuk tiket KA reguler keberangkatan H-10 Lebaran atau 26 Juni 2016. Tiket bisa dipesan baik lewat minimarket, kantor pos atau aplikasi lainnya.

Namun beberapa petugas pemesanan tiket, mengaku pada hari Senin dan Selasa ini pemesanan tiket keberangkatan H-10 dan H-9 masih sepi, kendati sejumlah orang sudah berdatangan ke stasiun guna melihat papan pengumuman keberangkatan kereta yang ada di stasiun kereta.

Diperkirakan pemesanan akan mulai ramai lima hari ke depan karena mendekati hari Lebaran atau (H-5) dan seterusnya.

Untuk KA lintas selatan pemberangkatan dari Stasiun Gambir pada hari H-10 dan H-9 masih tersedia sekitar 2.500 tempat duduk sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Pasarsenen masih tersedia sekitar 7.800 tempat duduk atau secara keseluruhan masih tersedia sekitar 10.300 tempat duduk.

Jika dibandingkan pada tahun lalu, kondisi pemesanan tiket berbeda,  di mana tiket KA mudik lebaran langsung habis terjual atau dipesan pada hari pertama penjualan.

Namun pada  mudik tahun ini, pada H-10 lebaran belum masuk masa cuti bersama sehingga masyarakat belum melakukan pemesanan atau pembelian tiket. Diperkirakan pemesanan atau pembelian tiket KA mudik lebaran untuk tanggal keberangkatan yang masuk masa cuti bersama akan melonjak menjelang H-5 dan puncaknya H-3. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here