Seluruh Penumpang Pesawat Egypt Air yang Dibajak Dibebaskan

92
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | MESIR – Seluruh penumpang pesawat Egypt Air yang dibajak telah dibebaskan, namun kru dan lima warga negara asing masih disandera pelaku, Demikian dikatakan Menteri Penerbangan Sipil Mesir.

Menurut kementerian, terdapat sejumlah penumpang warga negara asing, termasuk 8 warga negara Amerika, 4 Belanda, 2 Belgia, 4 berkewarganegaraan Inggris, satu warga negara Suriah, satu Prancis, dan satu Italia.

Pesawat dengan nomor penerbangan MS181 lepas landas dari kota Alexandria dengan tujuan Kairo namun dalam penerbangannya salah satu penumpang mengaku membawa bom dan memaksa pesawat mendarat di Larnaca, Siprus. Pesawat yang dibajak adalah pesawat jet A320 buatan Airbus.

(Baca Juga : Pesawat Mesir Dibajak, Mendarat di Siprus)

Detail penyanderaan masih belum jelas dan motif serta identitas pelaku juga belum diketahui. Pejabat Siprus mengatakan ada dugaan lebih dari satu pembajak namun belum ada tuntutan dari para pelaku.

Setelah pesawat mendarat di Larnaca, para pelaku berjanji akan membebaskan penumpang wanita dan anak-anak bila polisi bersedia menjauhi pesawat.

Pembajakan pesawat ini terjadi lima bulan setelah satu pesawat Rusia jatuh di Semenanjung Sinai sesaat setelah lepas landas dari resor Sharm el-Sheikh di Laut Merah, Mesir. Pemerintah Rusia menyebutkan satu bahan peledak menyebabkan jatuhnya pesawat dengan penumpang sebanyak 224 penumpang tewas. Kelompok teroris ISIS mengaku menjadi penanggung jawab aksi teror tersebut. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here