Pos RT Dibongkar Petugas, Warga Petojo Protes

99
SHARE

BHARATANEWS.ID | GAMBIR  – Belasan bangunan liar beridiri di atas saluran air Jalan Petojo Enclek XIII, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, dibongkar Senin (28/3). Namun warga memprotes karena Pos RT ikut dihancurkan padahal sudah berdiri sejak puluhan tahun.

“Jangan asal bongkar Pak, itu kan dibangun pakai duit warga juga. Apalagi itu Pos RT, buat tempat ngumpul-ngumpul warga sama jaga keamanan,” protes Marsudi, 52, pengurus RT. Ia pun menilai, pembongkaran dilakukan tanpa ada sosialisasi lebih dulu baik dari lurah maupun camat.

Meski begitu, ia dan pemilik bangunan lainnya hanya bisa pasrah saat petugas Satpol PP dengan menggunakan becho merobohkan bangunan. Selanjutnya, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dibantu petugas kebersihan pun langsung mengangkuti sisa puing bangunan.

Lurah Petojo Selatan, Kamal yang memimpin penertiban tersebut mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi jauh sebelum dilakukan pembongkaran. “Ada 15 bangunan liar, dan penertiban sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP),” jelasnya.

Kamal menambahkan, kalau memang untuk sekedar kumpul atau keperluan administrasi warga, bisa dilakukan di kantor Kelurahan. “Jadi tidak ada alasan atau pembenaran bangunan dapat berdiri di atas saluran,” tegasnya sambil mengatakan nantinya saluran akan dinormalisasi. (Pos Kota)