Mendikbud Senang Persiapan UN Tidak Lagi Tegang dan Stres

113
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Ujian Nasional (UN) 2016 tidak lagi dianggap seram. Terbukti sepekan menjelang pelaksanaan UN, tidak ada lagi suasana tegang di sekolah-sekolah.

“Saya senang karena dibanyak tempat pembicaraan UN hanya seputar persiapan materi. Tidak ada lagi hal-hal mistik,” jelas Mendikbud Anies Baswedan, Selasa (29/3).

Menurut Anies, perubahan suasana tersebut terjadi setelah UN tidak lagi dijadikan penentu kelulusan siswa. Guru, siswa dan orangtua tidak lagi dilanda stres.

“Istilah subsidi jawaban sudah tidak ada. Pun menghalalkan segala cara untuk mencapai hasil maksimal dalam UN. Bahkan saat ini guru, sekolah menekankan agar siswa berbuat jujur,” tambah Anies.

Diakui Anies saat ini substansi UN sudah dikembalikan pada substansi awal yakni untuk kepentingan pemetaan hasil belajar. Karena itu siswa diharapkan mengerjakan soal UN dengan baik dan mengedepankan kejujuran.

Seperti diketahui UN tahun 2016 untuk SMA/SMK/MA akan diselenggarakan 4 – 12 April 2016. Untuk SMP dan SD diselenggarakan Mei 2016. (Pos Kota)