Bangun Panti, Ahok Siap Tampung 2.030-an Bocah Pengemis

111
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Dalam upaya mengatasi persoalan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan eksploitasi terhadap anak, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)  berencana membangun gedung panti khusus anak-anak atau bocah pengemis.

Pejabat bernama panggilan Ahok itu mengaku prihatin dengan permasalahan sosial saat ini. Terlebih dengan terungkapnya kasus anak dieksploitasi secara buruk sebagai sumber pendapatan ekonomi keluarga.

“Jadi, untuk mengatasi gelandangan dan pengemis itu, kita harus siapkan panti,” katanya, di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2016).

Rencananya, menurut dia, pembangunan gedung panti sosial khusus anak itu dilakukan di Kompleks Yayasan Pondok Karya Pembangunan, Ciracas, Jakarta Timur. Panti itu diperkirakan dapat menampung lebih dari 2.000 anak.

“Ya, tahun ini kami bangun di Yayasan Pondok Karya Pembangunan. Itu ada 2.030-an untuk pemondokan, kayak anak sekolah, jadi anak jalanan kita harus dorong,” paparnya.

Selain itu, kata dia, Pemprov DKI Jakarta juga akan membangun panti sosial khusus lanjut usia (lansia) di atas lahan seluas 97 hektar di Ciangir, Kabupaten Tangerang. “Panti di sana itu nanti bentuknya seperti vila-vila,” ujarnya.

Ahok menambahkan, kebutuhan gedung panti sosial oleh Pemprov DKI Jakarta bersifat mendesak. Pasalnya, panti-panti sosial yang sudah ada saat ini belum mencukupi. Sementara, kehadiran PMKS di Jakarta selalu menjamur.

“Yang tua-tua juga memang masih ngemis. Saya sudah bilang kalau masih ngemis makan, saya pelihara Anda, deh,” imbuhnya.  (Pos Kota)