Kabupaten Cirebon Masih Butuh 9 Ribu Titik PJU

238
0
SHARE

BHARATANEWS.ID  |  CIREBON  – Kabupaten Cirebon masih kekurangan sekitar 7000 titik Penerangan Jalan Umum (PJU), tak heran sebagian besar jalan di Kabupaten Cirebon ini mengalami gelap sehingga pada malam hari rentan terjadi kecelakaan dan tindak kriminalitas.

Ironisnya, Pemkab Cirebon masih pelit mengeluarkan duit pajak yang ditarik dari PJU itu untuk memasang titik PJU baru secara menyeluruh.

Kepala Dinas Perhubungan (kadishub) Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar SH CN ketika dikonfirmasi mengakui jika kondisi jalan di kabupaten cirebon masih banyak yang belum tersedia PJU. “Anggaran yang kami dapatkan terbatas,” tegasnya.

Dijelaskan Iis, pihaknya memang memproyeksikan jika tahun 2019 nanti wilayah Kabupaten Cirebon bisa terang benderang. Untuk mewujudkan harapan tersebut diperlukan sedikitnya 15 ribu titik PJU. Hanya saja sampai tahun 2016 ini baru terealiasi 7.500 titik PJU. “Artinya masih kurang sekitar 7500 titik lagi, itupun belum untuk mengganti atau merawat titik-titik PJU yang sudah rusak karena dimakan usia yang jumlahnya sekitar 1000 titik. Jadi intinya Kabupaten Cirebon masih butuh 8500 sampai 9000 titik PJU lagi,” katanya.

Sementara kucuran anggaran yang dialokasikan, lanjut Iis, ternyata tidak begitu maksimal. jika saja Pemkab Cirebon mau “berkorban” dan “legowo” menyalurkan semua hasil dari pajak PJU itu ke Dishub semua, maka sebelum tahun 2019 dia yakin semua jalan di kabupaten cirebon dapat terpasangi PJU semua. “Soalnya hasil dari pajak PJU yang diambil dari masyarakat sangatlah besar,” tegasnya.

Dia menjelaskan, tiap tahun pajak dari hasil PJU yang ditarik dari masyarakat itu cukup besar. Tahun 2015 saja misalnya, pajak PJU itu mencapai Rp 51 miliar. “Artinya jika pembayaran listrik yang dibayarkan pemda ke PLN sebanyak Rp 23 miliar, maka ada sisa Rp 28 miliar. Nah, kenyataannya dana Rp 28 miliar tidak semuanya kemudian diberikan ke Dishub. Intinya minim yang dialurkan ke Dishub. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here