Joki 3 in 1 Dominasi Jumlah PMKS di Jaksel

70
0
SHARE

BHARATANEWS.ID  | JAKARTA  – Meski penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Jakarta Selatan sudah sering ditertibkan, tapi keberadaannya masih saja marak. Sejak Januari hingga Maret, Suku Dinas Sosial menjaring 647 PMKS dengan mayoritas joki 3 in 1 yakni 313 orang.

“Keberadaan para joki 3 in 1 sangat mendominasi dari PMKS yang kami jaring. Diperlukan solusi menyeluruh dalam mengatasi permasalahan sosial ini khususnya terkait joki supaya kondisi tidak bertambah buruk,” kata Kepala Suku Dinas Sosial Jaksel, Mursidin, Minggu (27/3/2016).

Ia menjelaskan, dari hasil tangkapan di lapangan terungkap sebagian dari joki merupakan korban pengangguran. Kondisi ini sebagai dampak dari penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), di mana sebagian perusahaan gulung tikar karena tak mampu bersaing.

Para joki lainnya mengaku sulit mendapatkan pekerjaan karena tingkat pendidikan rendah, tidak ada ketrampilan khusus sehingga kian sulit mendapatkan pekerjaan. Tak ayal mereka nekad nyemplung sebagai joki meski kerap digaruk aparat. Mursidin berpendapat meminimalisir serbuan joki, sepatutnya kegiatan pelatihan ketrampilan maupun kewirausahaan digencarkan agar mereka dapat mandiri sehingga tidak kembali beraksi di jalan yang mengganggu kepentingan umum.

Sebagai efek jera terhadap para joki 3 in 1, Pemko Jaksel akan mencabut Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) bagi yang berstatus pelajar. “Khusus terhadap pelajar yang kedapatan ngejoki, akan kami kembalikan ke RT/RW supaya ada pembinaan dari lingkungan dan jadi lebih peduli terhadap warganya,” ujar Mursidin.

Di sisi lain dalam mengamankan Jaksel menjadi sarang PMKS, Sudin Sosial mengerahkan petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) yang bertugas dalam 2 shift setiap hari. Adapun dari 647 PMKS yang dijaring hingga minggu ke-4 Maret meliputi 313 joki, 77 gelandangan, 67 penderita gangguan jiwa (psikotik), 61 pengemis, 44 orang terlantar dan 37 pengamen. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here