Polres Bogor ‘Panen’ Ganja Sitaan

88
0
SHARE

BHARATANEWS.ID| CIBINONG – Kepolisian Resor (Polres) Bogor sepertinya ’panen’ ganja hasil sitaan dari beberapa kasus yang ditanganinya. Dalam waktu tiga bulan, Satuan Narkoba (Sat Narkoba) mengamankan sedikitnya 88,9 gram sabu dan 24 kilogram ganja pada semester awal 2016 dari Januari hingga Maret. Jumlah tersebut dinilai cukup fantastis untuk hitungan awal tahun.

“Jika dibandingkan tahun lalu, peningkatannya sangat signifikan. Sudah 13 tersangka yang kami amankan selama semester awal 2016,” ujar Kasat Narkoba Polres Bogor AKP Yuni Purwanti Kusuma Dewi saat pemusnahan barang bukti narkoba di halaman Mapolres Bogor, Kamis (24/3).

Menurut Yuni, peningkatan drastis terjadi pada Februari hingga Maret. Penyebabnya, semakin banyak yang mengonsumsi narkoba hingga akhirnya kecanduan. “Penyebabnya karena faktor kebutuhan. Pengedar ada di mana-mana sehingga akses mendapatkannya tidak sulit,” beber wanita penyuka olahraga Judo ini.

Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto mengatakan, peredaran narkoba seperti fenomena gunung es. Yang dilihat saat ini baru sebatas permukaannya. Untuk mengatasinya, Polres Bogor terus menjalankan program-program pemberantasan dan penegakan hukum. “Program polres harus terus terus berjalan. Upaya preentif dan preventif terus kami lakukan agar masyarakat memiliki kesadaran hukum,” aku Suyudi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi menekankan upaya penyelamatan untuk memberantas peredaran narkoba. Penegakan hukum dinilainya tidak cukup untuk menyelamatkan anak bangsa dari jerat narkoba.

“Yang perlu dilihat adalah upaya penyelamatan yang beriringan dengan penegakan hukum. Pemberantasan narkoba juga harus menjadi komitmen bersama semua pihak,” katanya saat memberi sambutan.

Selanjutnya, barang bukti 88,9 gram sabu dan 24 kilogram dimusnahkan dengan cara dilarutkan dan dibakar.

Pemusnahan dipimpin langsung Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto bersama Muspida Kabupaten Bogor. Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar, Ketua DPRD Ade Ruhandi dan Kejari Cibinong Lumumba Tambunan. (metropolitan.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here