Pemkab Tangerang Upayakan Penyaluran Rastra Tepat Waktu

139
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengupayakan penyaluran beras sejahtera (rastra) tepat waktu, karena sebelumnya pernah mengalami keterlambatan.

“Kami sudah sampaikan kepada pihak terkait yakni Bulog, agar penyaluran rastra lancar kembali,” kata Kepala Bidang Konsumsi dan Keragaman Pangan Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Tangerang Yudi Aswana di Tangerang, Jumat (25/3).

Yudi mengatakan memang ada kendala di lapangan tentang penyaluran rastra dari laporan masing-masing kepala desa.

Alokasi rastra tiga desa di Kabupaten Tangerang rata-rata mencapai 10 ton sedangkan sasaran penerima sebanyak 147.090 warga tidak mampu.

Namun penerima rastra merupakan rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) setelah mendapatkan laporan dari masing-masing kepala desa.

Warga penerima rastra di Kabupaten Tangerang tersebar pada 249 desa mencakup 29 kecamatan. Agar penyaluran Rastra tersebut tidak mengalami kendala, maka pihaknya sudah mengirimkan surat permohonan alokasi (SPA) kepada pimpinan Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang.

Dia mengatakan penyaluran rastra itu untuk dua bulan terakhir ini seharusnya akhir Maret 2016.

Menurut dia, keterlambatan pengiriman rastra pada Januari dan Februari 2016 karena masih menunggu surat keputusan (SK) tentang petunjuk pelaksana (Juklak) program itu.

Demikian pula keterlambatan tersebut karena data terakhir penerima rastra masih perlu diperbarui.

Hal tersebut merupakan kendala yang dihadapi petugas dan harus dipahami bagi penerima di setiap desa.

Meski begitu, untuk ke depan pihaknya terus memantau penyaluran rastra itu hingga sampai ke penerima yang merupakan warga kurang mampu.  (beritasatu.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here