Alergi Bisa Diturunkan Kepada Anak

147
0
SHARE

BHARATANEWS.ID  |  JAKARTA  – Pasangan yang memiliki riwayat alergi berpeluang besar melahirkan anak-anak dengan alergi. Jenis alergi tersebut bisa sama bahkan bisa berbeda.

“Pada orangtua dengan jenis alergi yang sama, peluang anak menurunkan alergi bisa 60 persen hingga 80 persen,” papar Konsultan Alergi Imunologi Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Prof Budi Setibudiawan di sela NutriTalk Sari Husada bertema Early Life Nutrition.

Namun jika manifestasi dan jenis alerginya berbeda,maka pasangan tersebut memiliki peluang menurunkan alergi pada anaknya hingga 40 persen-60 persen. Sedang pada pasangan dimana salah satunya memiliki riwayat alergi, maka peluang anak terkena alergi bisa 20 persen hingga 30 persen.

Prof Budi menjelaskan alergi memang memiliki kecenderungan diturunkan dari orangtuanya. Tetapi sifatnya tidak merambat diluar keluarga inti. Mereka yang bisa menularkan alergi adalah orang-orang sekandung ayah-ibu, kaka atau adik.

Tetapi sebesar apapun risiko alergi pada anak, menurut Prof Budi, penanganan sedini mungkin perlu ditempuh sehingga anak-anak terhindar dari dampak jangka panjang alergi dan tumbuh kembang menjadi tidak terhambat.

“Khusus untuk anak-anak dengan risiko tinggi alergi karena riwayat orangtua, diperlukan pengawasan yang lebih intens untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal,” tukasnya.
Pengawasan tersebut termasuk memantau dan mengenali gejala klinis alergi, mengenali alergen pemicu serta melakukan intervensi nutrisi berupa memantau asupan nutrisi dan mengganti asupan nutrisi dengan nutrisi yang mudah dicerna dan well tolerated. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here