Legenda Sepak Bola Johan Cruyff Tutup Usia

179
0
SHARE
Johan Cruyff attends a news conference in Barcelona, December 20, 2009. REUTERS/Albert Gea/Files

BHARATANEWS.ID  |  SPANYOL – Johan Cruyff, legenda sepak bola asal Belanda yang kini bermukim di Barcelona, Spanyol meninggal dunia dalam usia 68 tahun, Kamis (24/3). Manta pemain Timnas Belanda itu tutup usia karena digerogoti penyakit kanker.

Mantan ikon Ajax Amsterdam dan Barcelona tersebut meninggal dunia pada usia 68 tahun karena kanker paru-paru yang telah dideritanya.
“Pada 24 Maret 2016 Johan Cruyff (68) meninggal dengan damai di Barcelona, dikelilingi oleh keluarganya setelah perjuangan berat melawan kanker.”

“Ini kesedihan yang luar biasa, kami meminta Anda menghargai privasi keluarga pada masa berkabung mereka.”

Cruyff disebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa di Belanda. Namanya tetap berada di posisi paling atas, meski disandingkan dengan legenda Oranye lainnya, seperti Marco van Basten, Ruud Gullit, Dennis Bergkamp, hingga Arjen Robben.

Kebesaran Cruyff di dunia sepakbola baik sebagai pemain maupun pelatih tak dapat lagi dibantah. Ajax Amsterdam dan Barcelona — dua klub yang paling lama dibelanya — merasakan hal tersebut. Sosoknya juga jadi goresan wajib Rinus Michaels, dalam lukisan indahnya yang beranama Total Football.

Sebagai pemain, ia pernah meraih berbagai gelar juara bersama Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Feyenoord.

Sebagai pelatih, ia mengoleksi banyak trofi bersama Ajax dan Barcelona, termasuk European Cup (nama lama Liga Champions) pada 1992 bersama Barca.

Cruyff jugalah yang mencetuskan La Masia, yang kini kondang sebagai akademi milik Barcelona. Dari La Masia itulah kemudian lahir pemain-pemain yang di kemudian hari menjadi sosok penting bagi Barca dan juga timnas Spanyol. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here