Kapolda Metro; Jika Diperlukan, Sniper Diturunkan Amankan Paskah

126
0
SHARE

BHARATANEWS.ID  |  JAKARTA  – Polda Metro Jaya mengerahkan 4.900 personel pengamanan perayaan Paskah, di Jakarta. Tidak itu saja pasukan sniper juga disiagakan guna antisipasi kerawanan di malam Jum’at Agung dan Paskah. Jumlah personil itu terdiri dari 2.500 jajaran satuan wilayah dan 2.400 dari Polda Metro.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Moechgiyarto, mengatakan, polisi akan melakukan pengamanan di gereja-gereja di Jakarta dan sekitarnya. Termasuk, melakukan sterilisasi di dalam gedung gereja.

“Di gereja juga kita ploting anggota, sebelum pelaksanaan ibadah sterilisasi dan itu sudah ada SOP nya,” kata Moechgiyarto, Kamis (24/3).

Ia menambahkan, polisi juga mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat lainnya. Misalnya, kriminalitas dan arus lalu lintas di jalan-jalan Ibu Kota Jakarta.
“Gangguan Kamtibmas meliputi kriminalitas dan juga Kamseltibcar Lantas. Satu contoh kemacetan di KM 19 (Natal dan Tahun Baru 2016), itu jangan sampai terulang lagi,” ujarnya.

Dikatakan, kendaraan truk untuk tidak melintasi kawasan itu pada jam tertentu. Jika nanti masih padat pihaknya akan melakukan contra flow agar masyarakat bisa nyaman baik yang melakukan ibadah atau yang liburan.

Selain itu, kata Moechgiyarto pihaknya juga menggelar operasi kepolisian untuk mengantisipasi dan mewaspadai tindak kriminalitas jalanan dan aksi terorisme.

“Oprasi ini rutin seperti biasa, tapi ditingkatkan karena ada informasi-informasi yang perlu diwaspadai. Terutama masalah teroris di Brussels, maka kita harus antisipasi itu,” jelasnya.

Menyoal apakah akan menurunkan pasukan sniper, Moechgiyarto menuturkan, kalau diperlukan bisa saja. “Ya kemungkinan itu ada. Namun, lebih tepat satu contoh yang dilakukan mungkin menggunakan buddy system. Anak buah yang di lapangan itu akan di-back-up dengan anggota yang menggunakan senjata lengkap. Mungkin Brimob, Sabhara yang memiliki senjata lengkap akan mengawasi lalu lintas yang tidak dibekali senjata. Namun, jika di daerah-daerah atau di titik-titik tertentu diperlukan sniper, ya kita taruh. Tapi kalau tidak perlu, ya tidak usah,” tandasnya. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here