Ahok : Buang Kotoran Sembarangan, Delman di Monas Harus Lenyap

124
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Tekad Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menghilangkan delman dari kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, sudah bulat. Salah satu alasannya adalah kusir kerap membiarkan kotoran kuda delmannya tercecer sehingga mengotori kawasan Monas.

“Jadi sudah enggak bisa. Kami sudah putuskan delman-delman lebih aman enggak beroperasi di Monas lagi lah, buang kotoran bau juga,” kata pria yang akrab disapa Ahok itu, usai mengikuti rapat koordinasi perihal perkembangan proyek Kereta Api Ringan (Light Rail Transit/ LRT) di Gedung Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2016).

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu lantas meminta operasional delman-delman di Monas dipindahkan ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, atau Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur. “Lebih baik di Ragunan atau TMII,” imbuhnya.

Sebelumnya, Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede juga sudah menyampaikan rencana pemindahan operasional delman dari kawasan Monas ke TMR. Dia menjelaskan, kuda delman di Monas rentan terkena penyakit berbahaya yang dapat menular pada manusia.

“Dari hasil laboratorium dan pemeriksaan dokter, puluhan kuda tersebut sangat berpotensi mematikan kalau tertular pada manusia,” kata Mangara, di Balai Kota Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni pun mengakui adanya potensi masalah itu. “Jadi, memang sebaiknya dipindahkan ke Ragunan. Di sana ada dokter yang bisa awasi kesehatan mereka,” katanya. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here