PLN Simulasi Evakuasi Korban di Tower Sutet

227
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | DEPOK  – Meminimalisir dalam kecelakaan kerja sekaligus dalam rangka menyambut bulan Bhakti K3 Nasional tahun 2016. PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat menggelar simulasi evakuasi korban pada ketinggian di Tower 3, Sutet tegangan tinggi 500 KV, Gandul – Kembangan, Cinere, Kota Depok, Rabu (23/3) siang.

General Manager PT PLN (Persero) Tranmisi Jawa Bagian Barat Lingkup Kerja Jakarta Banten, Trino Erwin mengatakan simulasi penyelamatan korban yang bekerja sebagai tranmisi di ketinggian atau tower sutet. Kegiatan ini Merupakan sebagai salah satu bagian dari penyegaran proses pengevakuasian korban sesuai SOP.

evakuasi

“Sebagai tenaga PLN yang banyak pada tranmisi peralatan sutet. Standar SOP regu tim evakuasi harus sesuai, hal ini juga sebagai bentuk zero exsiden dalam kerja,”ujarnya kepada Pos Kota usai acara simulasi.

Untuk wilayah kerja Jawa Bagian Barat yang juga melingkupi wilayah Jabodetabek, Trino menyebutkan telah mempunyai personil sebanyak 36 orang terbagi menjadi dua regu masing-masing regu beranggotakan 18 orang.

“Tim evakuasi korban khusus di ketinggian ini mempunyai tanggung jawab di sepanjang Tranmisi sejauh 24.000 KM wilayah banten hingga Jabodetabek. Pembagian tugas sudah tersusun secara sistematis di komando di PLN Gandul Cinere,”ungkapnya.

Keberadaan tim evakuasi korban sudah berjalan 5 tahun ini, lanjut Trino, sudah mulai mengikuti perkembangan teknologi serta peralatan kerja modern di tranmisi.

“Pasukan tim evakuasi kita juga dapat bekerja dalam kondisi bertegangan. Semua sudah sesuai SOP yang diberikan dari PLN yaitu pekerjaan dalam tinggi tegangan, kawan distribusi tegangan 20 KV. Ada juga pekerjaan dalam kondisi offline tanpa tegangan,”bebernya. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here