Karakter “Dewasa” Mobil MINI

130
0
SHARE

BHARTANEWS.ID | Mobil kecil sanggup menghasilkan disain yang menarik dan unik. Namun sayangnya mobil mungil kurang nyaman dan tak mampu menampung lebih banyak penumpang. Bagaimana solusinya?

Mobil Mini dengan desain yang unik terus melakukan inovasi agar dapat mejangkau lebih banyak konsumen. Bodinya yang kecil diperbesar agar bisa mengakomodasi konsumen keluarga yang membutuhkan mobil dengan disain gaya namun lapang. Untuk memberikan kesempatan keluarga dalam menikmati mini, Sejak 2012 MINI telah menghadirkan MINi Cuntryman.

Jika umumnya model Mini Coopers dan Mini Cooper S dimensi panjang 3.850 mm, lebar 1.727, dan tinggi 1.414 mm maka pada Countryman dimensinya diperbesar. Panjang mobil Mini Coutryman mencapai 4097 mm, lebar 1996 mm, dan tinggi tinggi.

Jarak sasis dengan tanah juga meningkat menjadi 1561 mm, jarak sumbu roda mencapai 150 mm, dengan berat bersih mencapai 1340 kg.

Ternyata penawaran Countryman dengan empat pintu belum cukup. Mini terus melakukan inovasi dengan menghadirkan model yang lebih besar lagi yaitu Clubman.

Apalagi konsumen Eropa dan Amerika Utara sana dengan tinggi badan di atas rata-rata orang Asia membutuhkan mobil lebih lega. New Mini Clubman 2016 yang diluncurkan di Jakarta pada Jumat (18/3) menawarkan dimensi yang lebih lapang dari Countryman.

Panjang mobil ini mencapai 4.253 milimeter, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.441 mm dengan wheelbase 2.670 mm. Bahkan dibandingkan dengan Clubman generasi sebelumnya mobil ini lebih panjang 27 cm, dan lebih lebar sekitar 9 cm dari generasi sebelumnya.

Dengan penambahan ukuranNew Mini Clubman merupakan menjadi kendaraan Mini terbesar untuk saat ini. “Pembaruan pada Mini Clubman dengan dimensi lebih besar sehingga Clubman sangat cocok untuk digunakan oleh para keluarga modern yang memiliki gaya hidup yang modern juga,” ujar Presiden Direktur PT. Maxindo International Nusantara Indah, Joe Surya di Jakarta pada peluncuran mobil tersebut.

Joe menambahkan dengan desain sama, tapi dengan dimensi lebih meningkat maka otomatis memberikan kenyamanan lebih. Dengan demikian mobil ini menjadi solusi keluarga modern yang membutuhkan mobil modis dan nyaman untuk dikedarai.

Sedangkan Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karen Lim menerangkan, New Mini Clubman menawarkan perpaduan antara kepraktisan sehari-hari, penggunaan jarak jauh, fleksibilitas, dan kenyamanan berkendara. “New MINI Clubman dilengkapi empat pintu dan pintu split yang khas di bagian belakang, lima kursi lengkap dan ukuran interior yang lapang. Kendaraan ini memenuhi semua persyaratan kelas kompak premium dalam hal fungsionalitas,” ujar Karen.

Seperti biasa Mini menawarkan Clubman dalam dua varian yaitu Mini Cooper Clubman dan Mini Coopers S Clubman dengan perbedaan pada mesin. Mini Cooper Clubman menggendong mesin tiga silinder berkapasitas 1.499 cc dengan teknologi Mini TwinPower Turbo. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi maksimum 220 nm. Sistem transmisinya otomatis enam percepatan.

Sementara Mini Cooper S Clubman sebagi tiper tertinggi mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1.998 cc bertenaga 192 hp dan torsi atas 280 nm. Mesin dikombinasi dengan transmisi delapan percepatan sport automatic. Dengan mesin berbeda masing- masing tipe dibanderol dengan harga 699 juta dan 869 juta rupiah sebelum pajak (off the road Jakarta).

Yang menarik menurut Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania MINI Clubman, kendaraan Mini kini tampil dengan karakter yang lebih dewasa. “Clubman jadi produk pertama yang hadir dengan logo Mini terbaru, dengan karakter yang lebih matang dibandingkan kendaraan MINI sebelumnya,” kata dia.  hay/E-6

mini-cooper-clubman-concept-rear-angle1435329233607Sumber : Koran Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here