Disnaker Surabaya Perketat Syarat TKA

100
0
SHARE
BHARATANEWS.ID | Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tenaga kerja Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Untuk itu, persyaratan bagi masuknya tenaga kerja asing (TKA) makin diperketat.
Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, menegaskan memasuki era MEA masyarakat Surabaya diharapkan tidak menjadi penonton di kotanya sendiri. Sebaliknya, mereka diharapkan bisa menjadi tuan dan nyonya di kotanya.
“Untuk mencapai itu, terus memacu diri untuk maju,” kata Whisnu saat  membuka  acara Job Fair 2016 di Balai Pemuda, Selasa (22/3) kemarin.
Senada dengan Wakil Walikota, Kepala Disnaker Surabaya, Dwi Purnomo. Dwi Purnomo mengatakan pihaknya menginginkan agar tenaga kerja asing tidak banyak masuk ke Surabaya.
“Dalam mengisi lowongan pekerjaan, jangan sampai warga Surabaya hanya jadi penonton di rumah sendiri,” kata Dwi Purnomo di sela acara Job Market Fair
Mantan  Camat Sawahan Surabaya ini menjelaskan seluruh proses perizinan dan persyaratan bagi TKA sekarang ini diperketat. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk lebih memprioritaskan  warga sendiri dalam mengisi  berbagai kesempatan kerja. Tidak hanya melalui job market fair atau bursa kerja, tetapi juga pelatihan wirausaha, dan pemberian sertifikasi bagi lulusan SMK.
’’Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerima lulusan SMK sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan,’’ ujar Dwi Purnomo.
Dalam pantauan Berita Metro, ribuan pencari kerja memadati kegiatan Job Market Fair yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya kali ini. Acara ini dijadwalkan berlangsung dua hari, kemarin dan Rabu (23/3) hari ini.
Lebih jauh, Wakil Walikota mengatakan dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran di Surabaya. Kegiatan yang bertujuan untuk mempertemukan para pencari kerja denga perusahaan tersebut merupakan pelayanan pokok dalam kegiatan antar kerja dan reguler Dinas Tenaga Kerja.  “Karena pertumbuhan angkatan kerja tak sebanding dengan kesempatan kerja,” kata Whisnu.
Akibatnya, lanjut dia, tidak semua lapangan pekerjaan bisa menyerap tenaga kerja yang ada. Apalagi, menurut Whisnu, jumlah para pencari kerja setiap tahun meningkat. “Lowongan kerja sedikit, di sisi lain tidak semuanya bisa menempati lowongan yang ditawarkan,” katanya.
Whisnu Sakti menambahkan selain job market fair, pihaknya secara rutin juga menggelar pelatihan tenaga kerja yang bisa disalurkan pada perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan kualifikasinya.
Kegiatan itu, kata dia, untuk memenuhi lapangan kerja yang ada di dalam kota, atau bekerjasama dengan perusahaan di luar kota, sehingga bisa mengirimkan tenaga kerja dari Surabaya. “Sehingga ke depan bisa mengurangi pengangguran di Surabaya jauh lebih banyak lagi,” katanya.
Wakil Walikota Surabaya ini mengatakan sesuai dengan visi-misi yang diusung pada Pilkada lalu, dirinya dan walikota berupaya membangun sumber daya manusia, dengan membuka lapangan kerja bukan hanya sebagai pekerja. Hal yang diprioritaskan mampu mencetak wirausahawan muda.  “Namun, untuk membuka lapangan usaha sendiri, membutuhkan kemandirian, krativitas dan kerja keras,” katanya.
Lakukan Sertifikasi
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya Dwi Purnomo mengatakan jenis lowongan yang disediakan dalam kegiatan Job Market Fair 2016 ini sebanyak 1.228 lowongan. Sebanyak 790 lowongan untuk laki-laki dan 438 lowongan untuk tenaga kerja perempuan. “Sedangkan untuk jumlah perusahaan penyedia lowongan mencapai 40 perusahaan,” katanya.
Dwi Purnomo mengatakan untuk mengurangi pengangguran, selain menggelar job fair dan pelatihan, Dinas Tenaga Kerja juga melakukan sertifikasi kepada lulusan SMK.
“Sertifikasi itu supaya mereka mudah mendapatkan pekerjaan,” katanya.
Selama ini, menurutnya, Disnaker kerap kali menerima permintaan dari sejumlah perusahaan untuk menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan. “Sudah banyak perusahaan yang berkomunikasi dengan kita, jika membutuhkan tenaga kerja,” demikian Dwi Purnomo. (has/nii)
sumber : beritametro.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here