Demo Sopir Taksi, Pemerintah Harus Segera Bikin Aturan Yang Sejalan UU

120
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA –  Demo sopir taksi yang berujung rusuh diberbagai tempat dinilai Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, karena pemerintah dalam merespon terkait aturan yang harus diberikan. Transportasi online memang sangat diinginkan masyarakat, tapi aturannya belum terpenuhi.

“Memang, sangat diinginkan masyarakat, namun ada sesuatu hal yang bertentangan dengan undang-undang , bertentangan dengan aturan yang lain, sehingga ini harus diatur, dan tentunya agar juga merugikan transportasi yang sudah ada,” kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Rabu (23/3/2016).

Untuk itu, lanjut Agus, harus ada suatu kebijakan supaya tidak bertentangan dengan undang-undang. Pemerintah harus bikin aturan yang sejalan UU Transportasi. Supaya juga bisa memenuhi keinginan masyarakat dalam hal ini tentunya transportasi online harus didaftar. “Harus juga diberikan kebijakan yang lebih besar lagi, harus bayar pajak,” tegasnya.

Tentunya, kata dia, harus mengikuti aturan aturan yang ada di dalam transportasi yang dilaksanakan oleh tranportasi umum, bisa saja dengan menggunakan warna plat nomor spesial,  kuning, atau umum yang seperti yang lain juga bisa.

Tapi juga harus diberikan suatu aturan aturan sehingga pada saat melayani kepada masyarakat dia juga mempunyai kekuatan hukum yang pasti. “Kalau sekarang ini kan tidak, bisa boleh, bisa tidak, dan akhirnya menjadi kebingungan masyarakat,” katanya.

Pemerintah Harus Hadir

Menurutnya,  tinggal satu kebijakan yang mana yang orang menganggap transportasi online ini illegal harus menjadi legal, harus menjadi legal gimana? “Yaitu didaftarkan diberikan beban-beban persyaratan yang tentunya sesuai juga dengan undang-undang lalu lintas yang sekarang sudah ada,” ujarnya.

Untuk itu, kata Agus, tentunya saat ini DPR masih reses, namun dia  meyakini setelah reses nanti pastinya Menkominfo akan juga dipanggil oleh Komisi 1 DPR dan Kementerian Perhubungan pastinya akan dipanggil oleh Komisi V DPR.

“Namun pada saat seperti ini seperti janji Pak Jokowi dalam Nawacita pemerintah harus hadir ini harus dibuktikan pemerintahan hadir karena untuk menyelesaikan transportasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here