Bencana Alam di Sukabumi Renggut 15 Nyawa

131
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | SUKABUMI  – Sebanyak 15 nyawa warga melayang dan satu orang terluka akibat dilanda bencana alam yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jumlah tersebut merupakan hasil rekapitulasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sepanjang Januari dan Februari.

Dalam waktu dua bulan tersebut, bencana alam berupa banjir dan longsor mencapai 137 kali terjadi yang tersebar di sejumlah kecamatan, di antaranya Cisolok, Cibadak, Cisaat dan wilayah lainnya. Nilai kerugian akibat bencana alam itu mencapai Rp4,3 miliar. Lalu, sebanyak 221 kepala keluarga atau 824 jiwa menjadi korban selama kurun waktu dua bulan tersebut.

Rincianya kerusakan yakni 80 rumah rusak berat, 16 kategori sedang, 17 rusak ringan serta 132 rumah terancam rusak. Selain rumah, ada dua sekolah yang rusak berat dan enam lainnya rusak sedang serta dua tempat ibadah rusak.

Bencana selama dua bulan itu juga merusak enam jembatan dan 11 saluran irigasi rusak. Bahkan 40 titik jalan rusak.

“Kejadian tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang berpotensi longsor. Data tersebut merupakan selama Januari dan Februari,” ungkap Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Yana Suryana, Rabu (23/3).

Disebutkan Yana, untuk penghitungan kerusakan dan kerugian akibat bencana pada bulan Maret masih terus berjalan. Sebab, hingga saat ini berbagai bencana alam khususnya banjir dan longsor masih terjadi di beberapa wilayah.

Sementara itu, bencana terbaru berupa pergeseran tanah melanda Kampung Cibuhun, Desa Mangunjaya, Kecamatan Bantargadung terjadi Minggu (20/3). Dilaporkan dalam kejadian itu, tiga rumah yang rusak berat, empat rumah rusak sedang, tiga rusak ringan dan 11 rumah terancam. Estimasi kerugian mencapai Rp1,2 miliar. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here