UNSYIAH Gelar Job Fair 2016 (Bursa Kerja) dan Pameran Beasiswa

124
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BANDA ACEH — Career Development Centre (CDC) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, kembali menggelar pameran bursa kerja atau Job Fair yang dipadukan dengan Pameran Beasiswa, yang akan dipusatkan di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh. Acara yang diberi nama “Unsyiah Career Day and Schoolarship Expo 2016” ini digelar selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis, 23-24 Maret 2016. Kegiatan Job Fair “Unsyiah Career Day and Schoolarship Expo 2016” merupakan kegiatan rutin CDC Unsyiah yang diadakan sebanyak dua kali per tahun dan dilakukan setelah pelaksanaan wisuda. Sebagaimana diketahui Unsyiah setiap tahunnya melaksanakan 4 (empat) kali wisuda. Dengan mengikuti job fair, perusahaan akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kandidat yang masih fresh graduate dan memenuhi kualifikasi dengan cepat dan tepat.

Dalam job fair pada Rabu dan Kamis ini tersedia banyak lowongan kerja untuk semua lulusan Akademi/PTN/PTS termasuk lulusan SLTA/SMK, D1-D3, S1 dan S2. Para alumni di harapkan untuk mempersiapkan CV terbaiknya, dalam bentuk yang sudah diprint maupun softcopy. Sebagaimana job fair sebelumnya, ada juga perusahaan yang menginginkan CV dalam bentuk file PDF yang diupload langsung dalam website perusahaan yang bersangkutan.

Job fair kali ini diikuti sejumlah perusahaan nasional dan lokal yang akan merekrut tenaga kerja secara langsung di tempat (walk in interview) ataupun beberapa hari setelah job fair. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain PT. PLN, Bank Mandiri, AXA Mandiri, Mandiri Tunas Mandiri, Brantas Abipraya, Indomobil Nissan, OTO Group, Paragon Inovation Teknologi, Wing Group, Generali, Alfamart, The Globe journal dan beberapa perusahaan lainnya. Selain itu juga hadir dari Disnakermobduk Aceh dan BLKI yang akan ikut merekrut lulusan untuk dilatih kembali agar mereka dapat bekerja di dunia industri baik dalam maupun luar negeri yang semakin terbuka lebar dengan adanya kerjasama masyarakat ekonomi Asean (MEA). Khusus untuk tenaga kerja ke luar negeri saat ini sedang dibuka pendaftaran untuk tenaga magang/kerja ke negara Jepang.

Ketua CDC Unsyiah, Dr. Farid Mulana, ST, M.Eng, menyampaikan bahwa dalam Job Fair kali ini, juga dipadukan dengan Scholarship Expo (Pameran Beasiswa) yaitu suatu ajang dimana para penyedia/pemberi beasiswa dan lembaga pengurusan beasiswa baik yang beasiswa ke luar negeri maupun dalam negeri akan hadir untuk memberi informasi yang detil dan menjawab pertanyaan-pertanyaan langsung dari calon penerima beasiswa tentang detil beasiswa yang diberikan dan juga informasi tentang perguruaan tinggi tempat calon penerima beasiswa akan melanjutkan studi di negara yang dituju. “Beberapa penyedia/pemberi beasiswa dan lembaga pengurusan beasiswa yang hadir diantaranya: LPSDM Aceh, Education USA Aceh, JASSO Jepang, PAJ/DAAD Jerman, Italia, Campus France, LPDP Pusat, Dompet Dhuafa, Nataniel Global, Gp. English, Office of International Affair (OIA) dan lainnya” ungkap Farid.

Job Fair ini didukung oleh Serambi Indonesia, the globe journal, I love aceh dan Radio OZ102.8FM Banda Aceh sebagai media partner. Job Fair ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab Unsyiah untuk semakin mendekatkan alumni dengan dunia kerja. Juga menjadi sarana informasi bagi para mahasiswa/alumni dan masyarakat umum dalam mencari kerja.

Dalam Job Fair kali ini beberapa BUMN besar juga akan melakukan test langsung pada hari pelaksanaan Job Fair seperti Bank Mandiri dan juga beberapa hari setelah pelaksanaan Job Fair yaitu PT. PLN. Khusus PT PLN kali ini perekrutan calon karyawan khusus dilakukan selama 2 hari pelaksanaan Job Fair yang ditargetkan akan ada 2000-an berkas lamaran yang diterima pihak PLN (lulusan D3/D4 dan S1) untuk Teknik Elektro, Arus Kuat, Sistem Tenaga Listrik, Elektronika, Kendali, Managemen Pemasaran, Administrasi Niaga, Administrasi Bisnis, Administrasi Perkantoran.

Dalam “Unsyiah Career Day and Schoolarship Expo 2016” semua lulusan dapat masuk secara gratis ke dalam tempat acara yang diadakan di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh. Namun demikian yang diizinkan masuk adalah mereka yang sudah terdaftar menjadi anggota CDC UNSYIAH. Siapa saja dan lulusan dari sekolah/akademi/sekolah tinggi/akademi dan universitas manasaja dapat mendaftar menjadi anggota CDC UNSYIAH. Proses pendaftaran telah dibuka sejak awal Maret 2016. Khusus bagi yang mau mengikuti Job Fair hari Rabu dan Kamis, 23-24 Maret 2016 maka sangat disarankan untuk mendaftar menjadi Anggota CDC UNSYIAH jauh hari sebelum pelaksanaan Job Fair untuk menghindari antrian panjang saat hari H. (harianaceh.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here