Pelaku UKM Diajak Melek Teknologi

125
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | Jakarta – Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi UKM (LLP-KUKM), Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi meminta pelaku UKM di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usahanya.

Menurut dia, ekonomi digital yang sudah berlangsung saat ini membuat pelaku bisnis termasuk UKM tidak bisa menghindar dari penggunaan teknologi informasi. Dengan begitu, mau tidak mau, maka inovasi teknologi informasi tersebut harus diaplikasikan ke dalam urusan bisnis.

Tanpa teknologi, kata dia, pelaku UKM saat ini akan ketinggalan zaman dan berdampak pada rendahnya produktivitas. Terlebih, jika hanya mengandalkan cara-cara konvensional, bisa-bisa tergerus dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

“Bisnis tanpa kreativitas dan pemanfaatan teknologi, produktivitas pasti rendah, dan daya saing juga rendah,” kata Zabadi disela ‘Marketeers Creativity Day’ dengan tema ‘Socio Technopreneurship for Indonesia’, di Gedung Smesco UKM, Jakarta Minggu (20/3/2016).

Lebih jauh dikatakan, LPP KUKM sendiri hingga saat ini sudah mengedukasi dan memfasilitasi lebih dari 600 pelaku UKM untuk terjun ke ranah e-Commerce. Di luar itu, LPP KUKM juga menyediakan saranan pelaku UKM untuk memasarkan produknya melalui website www.smescotrade.com.

Hingga kini, sedikitnya sebanyak 11 ribu produk yang dihasilkan 1.607 UKM dipasarkan secara online setiap harinya. Jenisnya mulai produk fesyen, furniture, spa, kraf, kulit dan lainnya. Kendati begitu, diakui Ahmad, masih banyak pelaku-pelaku UKM di daerah pelosok Indonesia yang belum tersentuh teknologi.

“Pelaku UKM demikian yang kedepan bakal jadi sasaran kita untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam pengembangan bisnisnya,” ujarnya.

Berkaitan dengan event ‘Marketeers Creativity Day’, kata dia, sejalan dengan tujuan memperkenalkan teknologi bagi pelaku UKM. Lebih dari itu, iharapkan dapat mendorong semangat para pelaku UKM untuk berkreasi mengembangkan berbagai gagasan. Fungsi dari produk yang dihasilkannya pun dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, bahkan berpotensi untuk diekspor ke luar negeri.

(Arbi/harianterbit.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here