Google, Yahoo, dan Microsoft Sibuk Perkuat Enkripsi Email

115
0
SHARE

BHARATANEWS.ID Teknologi email telah digunakan selama beberapa puluh tahun. Teknologi yang digunakan untuk mengirimkan email – SMTP – juga belum berubah.┬áSebagian besar email dikirimkan melalui SMTP dalam bentuk teks tanpa dilindungi oleh enkripsi.

Beberapa tahun lalu, SMTP STARTTLS diciptakan untuk memperbaiki kelemahan pada sistem pengiriman email. Sayangnya, ia memiliki banyak kelemahan. Ia gagal memastikan bahwa email yang dikirimkan dilengkapi dengan enkripsi agar aman. Karena itulah, ia tidak banyak digunakan.

Pengiriman email menggunakan teknologi SMTP memudahkan hacker untuk melakukan serangan Man-In-The-Middle (MITM).

The Next Web melaporkan, beberapa hari lalu, Internet Engineering Task Force memberikan sebuah ide yang kini sedang digarap oleh Google, Yahoo, Comcast, Microsoft, LinkedInd dan 1&1 Mail & Media Development.

Ide ini bertujuan untuk melindungi Anda dari para hacker yang ingin membaca isi email di tengah pengiriman atau memodifikasi email yang dikirimkan dengan cara meniru server tujuan atau memecahkan SSL.

Jika ide ini berhasil direalisasikan, saat sebuah email dikirimkan ke domain yang mendukung SMTP STS, sang pengirim akan secara otomatis memeriksa apakah alamat tujuan email mendukung enkripsi dan apakah sertifikasi mereka valid sebelum email tersebut dikirimkan. Hal ini memastikan bahwa Anda berkomunikasi dengan server yang benar.

Jika ditemukan masalah pada pemeriksaan ini, maka email tidak akan terkirim, dan si pengirim akan diberitahukan mengapa email gagal dikirim. Pada akhirnya, jika ide ini berhasil dibuat menjadi nyata, maka ia akan memastikan bahwa komunikasi menggunakan email akan menjadi lebih aman.

(MMI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here